REPRESENTASI JALUR (PATH) PADA TRAVELING SALESMAN PROBLEM UNTUK MENENTUKAN JARAK TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

Yurika Permanasari, Ravi A. Salim

Abstract


Algoritma Genetika merupakan algoritma pencarian yang berdasarkan kepada mekanisme seleksi alam dan genetika alam. Algoritma ini merupakan salah satu alat bantu untuk memudahkan pekerjaan atau menyelesaikan suatu kasus yang dihadapi dengan tidak melibatkan seluruh populasi. Pada kasus Traveling Salesman Problem, Algoritma Genetika merepresentasikan jalur kota yang dilalui sebagai kromosom yang terdiri dari gen-gen yang merupakan kota-kota yang harus dilalui. Dengan menentukan peluang crossover dan mutasi setiap kromosom mengalami regenerasi dengan harapan sebagian besar kromosom yang baik dapat diperiksa sebagai calon jalur terbaik. Dengan menggunakan Order Crossover(OX) pada Representasi Path, kasus Traveling Salesman Problem menghasilkan nilai pendekatan optimum yang sama baik untuk data 50% maupun 100% dari total populasi. Ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Algoritma Genetika, sebagian sampel sudah mewakili dari seluruh solusi yang ada.

Kata Kunci : Algoritma Genetika; Travelling Salesman Problem; Order Crossover


References


Anton, Howard, 1994. Aljabar Linier Elementer, Jakarta : Erlangga.

Goldberg, David E., (1989). Genetic Algorithms in Search, Optimization, and Machine Learning.Reading,Massachusetts:Addison-wesley Publishing Company, Inc.

Johnsonbaugh, Richard., (1998). Matematika Diskrit edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Pearson Education Asia Ptc. Ltd dan PT. Prenhallindo.

Michalewicz, Z. (1996). Genetic Algoritms + Data Structures = Evolution Programs, Third, Revised and Extended Edition. Berlin, Heidelberg, New York : Springer-Verlag.

Suyanto. (2005). Algoritma Genetika dalam MATLAB. Yogyakarta : Andi.

Saputro, Nico., (2003). Pengenalan Huruf dengan Memakai Algoritma Genetik. Integral, Vol 8 No. 2, Oktober 2003.

Syamsudin, Aries., (2004). Pengenalan Algoritma Genetik. (IlmuKomputer.com).




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v6i1.3377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: