Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Arie Wahyuni, Prihadi Kurniawan

Abstract


Abstrak. Perguruan tinggi sekarang ini sangat ditekankan dalam proses pembelajaran hendaknya mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif memiliki kecenderungan dapat melatih mahasiswa untuk mengeluarkan ide-ide yang muncul atau mengekspresikan diri dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mahasiswa dan seberapa besarkah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi linear. Analisis data dengan menghitung koefisien korelasi dan uji signifikan nya kemudian dilanjutkan dengan menentukan persamaan regresinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dengan nilai tidak signifikan serta kemampuan berpikir kreatif mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 22,5%.

Kata Kunci: pengaruh, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar.

Abstract. (The Corellation of Creative Thinking Ability and Student Learning Outcomes). Today’s universities are highly emphasized in the learning process students should have the ability to think creatively. The ability to think creatively has a tendency to train students to issue ideas that emerge or express themselves in the learning process. The purpose of this research is to find out is there any influence of the ability to think creatively on student learning outcomes and how much influence the ability to think creatively on student learning outcomes. The method used in this study is quantitative descriptive with linear regression analysis. Data analysis by calculating the correlation coefficient and significant test then followed by determining the regression equation. The results showed that creative thinking ability influenced student learning outcomes with insignificant values and creative thinking ability influenced student learning outcomes by 22.5%.

Keywords: Influence, Creative Thinking Skills, Learning Outcomes.

References


Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Ahmad Susanto, M.P., Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Kencana, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Arikunto, S., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Arikunto, S., Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2009.

Baroody. A.J., Problem Solving, Reasoning, and Communicating, New York: Macmillan Publishing, 1993.

Bishop, J., & Verleger, M. (2013). Testing The Flipped Classroom With Model-Eliciting Activities And Video Lectures In A Mid-Level Under Graduate Engineering Course. In IEEE Frontiers In Education conference. 2013. pp. 161-163.

Edi, J. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Kimia SMA. Tesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Medan. 2004.

Ersoy, E., The Effects Of Problem-Based Learning Method In Higher Education On Creative Thinking. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol. 116, 2014. pp. 3494-3498.

Fauziah. Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Edisi Khusus No. 2, 2011. ISSN 1412-565x

Isjoni., Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Jihad & Haris., Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2009.

Lahir, S., Ma’aruf, M.H., & Tho’in, M., Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1 (01). 2017.

Mahmudi, A., Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah. Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA, 30 Juni-3 Juli 2010.

Meika, I., & Sujana, A., Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). 2017.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2006.

Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T., Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 2018.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sanjaya, W., Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana. 2015.

Sumarmo, Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI, 2013.

Sutikno, M. S., & Fathurrohman, P., Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama. 2010.

Thorell, L., B., Lindquist, S., Nutley, S. B, Bohlin, G., & Klingberg, T., Training And Transfer Effects Of Executive Functions In Preschool Children. Developmental Science, Vol.12 No.1, 2009. pp.106-113.

Wahyuni, A., Analisis Kesulitan Mahasiswa Pada Materi Pertidaksamaan Dalam Nilai Mutlak. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, Vol.30 No.3. 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018

D Suhaedi, E Harahap, Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Lesson Study: Sebuah Perspektif, Jurnal Matematika, Vol. 17., No. 1., 2018.

E Latipah, E Afriansyah, Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME, Jurnal Matematika, Vol. 17., No. 1., 2018.

I Nur'aini, E Harahap, F Badruzzaman, D Darmawan, Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra, Jurnal Matematika, Vol. 16., No. 2., 2017.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: