Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematik Melalui Pembelajaran Program Linier Berbantuan QM for Windows

Emas Marlina, Erwin Harahap

Abstract


Abstrak. Makalah ini membahas kajian hasil studi pustaka dari beberapa sumber yang relevan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pembelajaran program linier dengan berbantuan QM for Windows efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan resiliensi matematik. Uraian yang dikaji didasarkan atas analisis terhadap: 1) definisi dari kemampuan berpikir kritis dan resiliensi matematik berdasarkan para pakar; 2) ciri-ciri kemampuan berpikir kritis dan resiliensi matematik; 3) langkah-langkah menyelesaikan masalah program linier dengan bantuan QM for Windows.

Kata kunci: berpikir kritis dan resiliensi matematik, program linier, QM for Windows

Abstract. This paper study literature from the resources references relevant. The purpose is for finding of linear programming teaching assisted with QM for Windows effectively by developing critical thinking and reciliency mathematical abilities. The analysis investigation based on: 1) The definition of critical thinking and reciliency mathematical abilities according to the scientists; 2) The characteristics of critical thinking and reciliency mathematical abilities; 3) The stages of problem solving by linear programming assisted with QM for Windows.

Keywords: critical thinking and reciliency mathematical abilities, linear programming, QM for Windows.


References


Hariyanto, “Belajar Psikologi”, [Online]. Available: http://belajar psikologi.com. [Accessed 11 Juli 2016].

E Marlina, “Pengantar Riset Operasi”, Diktat Perkuliahan Program Studi Matematika, FMIPA Universitas Bale Bandung, 2018.

E. Marlina, “Mengembangkan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematika pada Pembelajaran Matematika”, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2016.

U. Sumarmo, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif serta Resiliensi Matematik melalui Pembelajaran Metakognitif”, Bandung: Diktat Perkuliahan Jurusan Pendidikan Matematika Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 2016

L Widuri, ”Regulasi Emosi dan Resiliensi pada Mahasiswa Tahun Pertama,” Jurnal Humanitas Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Vol IX No 2, 2012.

IL Nur'aini, E Harahap, FH Badruzzaman, D Darmawan, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra”, Jurnal Matematika Universitas Islam Bandung, Vol 16 No 2, 2017.

QM for Windows, [online] https://wps.prenhall.com/bp_weiss_software_1/1/358/91660.cw/index.html. [Accessed 16 September 2018]

Emas Marlina, Dadang Ruhiat, “Penerapan Sub-Pokok Fungsi pada Matematika Ekonomi Terhadap Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran”, Akurat -Jurnal Ilmiah Akuntansi, Universitas Bale Bandung, Vol. 9 No. 26, 2018.

MG Fathurrahman, Y Ramdani, MY Fajar, “Optimasi Biaya Total Persediaan Dengan Permintaan Bersifat Linier”, Jurnal Matematika Universitas Islam Bandung, Vol 15 No 1, 2016.

T Asmara, M Rahmawati, M Aprilla, E Harahap, D Darmawan, “Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik Dan Simpleks”, Jurnal Teknologi Pembelajaran Sekolah Pascasarjana IPI Garut, Vol 3 No 1, 2018. h. 506-514.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: