Penggunaan Aplikasi MATLAB Dalam Pembelajaran Program Linear

Tia Febrianti, Erwin Harahap

Abstract


Program linear adalah ilmu Matematika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki banyak manfaatnya. Penggunaan aplikasi dalam pembelajaran program linear dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sederhana hingga kompleks. Aplikasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecepatan, dan keakuratan dalam berbagai perhitungan dalam penyelesaian persoalan program linear. Artikel ini bertujuan untuk membantu pembelajaran program linear dengan menggunakan aplikasi MATLAB. Aplikasi MATLAB dapat menyelesaikan permasalahan program linear dengan dua alternatif. Pertama, penyelesaian program linear di command window dan dibantu oleh beberapa formula yang dapat digunakan. Kedua, menggunakan Optimtool. Dalam penelitian ini, dibahas teori-teori tentang program linear dan cara penggunaan MATLAB dalam menyelesaikan permasalahan program linear. 

Program linear adalah ilmu Matematika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki banyak manfaatnya. Penggunaan aplikasi  dalam pembelajaran program linear dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sederhana hingga kompleks. Aplikasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecepatan, dan keakuratan dalam berbagai perhitungan dalam penyelesaian persoalan program linear. Artikel ini bertujuan untuk membantu pembelajaran program linear dengan menggunakan aplikasi MATLAB. Aplikasi MATLAB dapat menyelesaikan permasalahan program linear dengan dua alternatif. Pertama, penyelesaian program linear di command window dan dibantu oleh beberapa formula yang dapat digunakan. Kedua, menggunakan Optimtool[EH1] . Dalam penelitian ini, dibahas teori-teori tentang program linear dan cara penggunaan MATLAB dalam menyelesaikan permasalahan program linear.

 [EH1]miring


References


I.L. Nur’aini, E. Harahap, dkk, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra,” Jurnal Matematika, vol. 16, 1-6, 2017.

D. Andriyani, E. Harahap, dkk, “Aplikasi Microsoft Excel dalam Penyelesaian Masalah Rata-rata Data Berkelompok,” Jurnal Matematika, vol. 18, 41-46, 2019.

S. F. Fitria, E. Harahap, dkk, “Aplikasi Rata-rata Data Tunggal,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 6, 2019.

E. Marlina, dan E. Harahap, “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematik Melalui Pembelajaran Program Linier Berbantu QM for Windows,” Jurnal Matematika, vol. 17, 59-70, 2018.

G. Utami, F. Julian, dkk, “Pembelajaran Mengenai Penyelesaian Pengolahan Data Statistika secara Efektif Menggunakan Speq Mathematics,” Jurnal Teknologi Pembelajaran, vol. 4, 846-851, 2019.

S. Zein, L. Yasifa, dkk, “Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS,” Jurnal Teknologi Pembelajaran, vol. 4, 839-845, 2019.

E. Harahap, A. Harahap, dkk, “LINTAS : Sistem Simulasi Lalu Lintas Menggunakan SimEvents MATLAB,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 10, 8-16, 2018.

S. Chaeruddin, Y. Fajar, dan E. Harahap, “Analisis Panjang Antrian Dampak Rekayasa Lalu Lintas Cipaganti Menggunakan SimEvents MATLAB,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 4, 8-11, 2020.

E. Harahap, F.H. Badruzzaman, Y. Permanasari, M.Y. Fajar, A. Kudus, “Traffic engineering simulation of campus area transportation using MATLAB SimEvents,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2020.

E. Harahap, et.al., “A design simulation of traffic light intersection using SimEvents MATLAB,” Journal of Physics: Conference Series 1375 (1), pp. 012042, 2019.

B. Cahyono, “Penggunaan Software Matrix Laboratory (Matlab) dalam Pembelajaran Aljabar Linier”, Jurnal Phenomenon, vol. 1, 45-62, 2013.

T. Asmara, M. Rahmawati, dkk, “Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik dan Simpleks,” Jurnal Teknologi Pembelajaran Sekolah Pascasarjana IPI Garut, vol. 3, 506-514, 2018.

A. Tjolleng, 2017, “Pengantar Pemrograman Matlab,” Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

E. Syahputra, 2015, “Program Linear,” Medan: Unimed Press.

U. Rafflesia, dan F. H. Widodo, 2014, “Pemrograman Linier,” Bengkulu: Badan Penerbitan Fakultas Pertanian UNIB.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v20i1.8478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: