Optimalisasi Keuntungan Bisnis Laundry Dengan Program Linier

Dwi Puspitasari, Anggie Irfhan Refhiansyah, Sajidul Fajri, Erwin Harahap

Abstract


Berbisnis merupakan pekerjaan yang memiliki potensi besar dalam kehidupan, terutama pada era modern seperti sekarang ini. Banyak sekali peluang bisnis dimana salah satunya adalah bisnis laundry (jasa cuci). Tidak mudah untuk menjalankan sebuah bisnis, oleh karena itu dibutuhkan ketekunan dan perhitungan yang tepat dari berbagai segi aspek agar bisnis dapat bertahan dan berkembang dengan baik. Bisnis laundry akan berkembang dengan baik jika dijalankan dengan mengedepankan kualitas dan kuantitas, seperti bahan pencuci yang baik dan tarif laundry yang terjangkau. Dengan begitu akan semakin menarik pelanggan berdatangan. Untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapat melalui bisnis laundry ini maka diperlukannya metode untuk menghitungnya. Salah satu metode yang dapat dipakai adalah metode grafik pada program linier. Metode ini adalah metode yang paling mudah digunakan oleh kaum awam. Dengan metode ini maka keuntungan optimum yang didapat dalam periode tertentu akan diketahui, dimana pebisnis dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam bisnis laundry yang digelutinya sehingga bisnis laundry akan berkembang dengan pesat.

References


Aditama, Ebdi. (2012). “Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis “Usaha Laundry””. STIMIK AMIKOM. Yogyakarta.

Kosasih, E., Yuniawati, A., Suryaputra, V., dan Limijaya, A. (2017). “Model Perhitungan Harga Pokok Untuk Perusahaan Laundry”. Laporan Penelitian. Bandung; Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Lubis, Ucok H.A. (2016). “Penggunaan Program Linier pada Studi Kasus Jual Beli Baju Batam untuk menghasilkan Keuntungan Maksimum”. Skripsi di publikasikan. Lampung; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurhayati, A., Setyaningsih, S., dan Rohaeti, H. “Optimalisasi Produksi Menggunakan Model Linear Programming (Studi Kasus: Usaha Kecil Menengah Kue Semprong)”. Laporan penelitian. Bogor; Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan Bogor.

Prastiyano, Hari. (2012). “Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis Usaha Laundry”. STIMIK AMIKOM. Yogyakarta.

Tompodung, Osin. (2014). “Analisis Net Profit Margin pada usaha Laundry di Kota Manado”. Laporan Penelitian. Manado; Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi Manado.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v20i1.8481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: