Pembelajaran Pemecahan Masalah Trigonometri Menggunakan Aplikasi Photomath

Rafly Anugerah, Erwin Harahap

Abstract


Seperti yang diketahui, ada banyak orang menyatakan tentang persoalan yang berkaitan dengan Matematika itu sangatlah lekat dari kata ‘sulit’ dan tidak sediki tmahasiswa atau pelajar yang tidak tertarik dan bahkan tidak menyukai Matematika. Berdasarkan peristiwa tersebut, penelitian ini dilakukan untuk merancang proses pembelajaran berbantuan aplikasi atau program komputer untuk menyederhanakan kesulitan dan kerumitan yang seringkali ditemui. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah aplikasi  Photomath. Fungsi dari aplikasi Photomath adalah untuk mempermudah atau menyederhanakan proses penyelesaian persoalan Matematika dan memberikan jawaban yang sangat cepat, akurat dan tepat sehingga dapat cepat dipahami. Salah satu proses pembelajaran yang akan dikaji yaitu  pembelajaran penyelesaian persoalan trigonometri dengan aplikasi Photomath. Trigonometri merupakan salah satu yang dari sebagian orang menyatakan bahwa persoalan tersebut cukup sulit dan tidak dapat dengan cepat dipahami, jika prosesnya dikerjakan secara manual. Oleh karena itu diharapkan aplikasi  Photomath dapat mempermudah para pelajar dan juga mahasiswa untuk memahami materi trigonometri.


References


Latuheru, D. J. (1988). Media Pembelajarandan Proses HasilBelajarMengajar Masa Kini. Jakarta: DepdikbudDikti P2LPTK.

Kissane, B., & Kemp. A. (2009). Teaching and learning trigonometry with technology.Paper presented at the 14th Asian Technology Conference in Mathematics,Beijing Normal University, Beijing, China. Diunduhpada: 02-10-2013, 4:10 WIB, darihttp://atcm.mathandtech.org/EP2009/

Weber, K. (2005). Students’ understanding of trigonometric functions.Mathematics Education Research Jour-nal.

Bressoud, D. M. (2010). Historical reflections on teaching trigonometry. Mathematics Teacher.

Dahar, R. W. (1996). Teori-TeoriBelajar. Jakarta: Erlangga.

Gunarto, Dedy. (2017).TOP Update Big Bank Matematika.Jakarta:BintangWahyu.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v20i1.8482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: