Indexing metadata

Teknik-Teknik Penelitian Kuantitatif dalam Ilmu Sosial


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Teknik-Teknik Penelitian Kuantitatif dalam Ilmu Sosial
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Zulfebriges Zulfebriges; Universitas Islam Bandung Fakultas Ilmu Komunikasi; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s) Komunikasi
 
3. Subject Keyword(s) metodologi komunikasi, kuntitatif
 
4. Description Abstract Dalam ilmu-ilmu sosial, pun ilmu komunikasi, dikenal dua pendekatan yang penting untuk memahami dan menjelaskan gejala-gejala sosial, yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif biasanya dikaitkan dengan paradigma positivisme sedangkan pendekatan kualitatif dikaitkan dengan paradigma pos-positivisme. Akhir-akhir ini kritik memang sering ditujukan pada paradigma positivisme ini karena ia dinilai mereduksi manusia menjadi sekadar angka-angka dan data-data kuantitatif. Namun, ternyata pendekatan ini pun tetap bermanfaat, bertolak dari cara manusia menghasilkan pengetahuan yang biasanya menggabungkan abstraksi dan observasi empirisĀ  Di sin, fokus pembahasan, di antaranya, pada pengkonstruksian skala-skala pengukuran dan cara membuat beberapa jenis skala yang cukup akrab dalam pendekatan kuantitatif.

 
5. Publisher Organizing agency, location Unisba Press
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2004-12-10
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type kuantitatif
 
9. Format File format PDF (Bahasa Indonesia)
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1158
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.29313/mediator.v5i2.1158
 
11. Source Title; vol., no. (year) Mediator: Jurnal Komunikasi; Vol 5, No 2 (2004): Seorang Periset yang Baik Mesti Memiliki Sikap Enteng
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2017 MediaTor (Journal of Communication)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.