Tipikasi Pola Komunikasi dan Proses Adaptasi Pada Profesi Dosen

Ani Yuningsih

Abstract


Tema penelitian ini adalah “Tipikasi Pola Komunikasi Organisasi dan Proses Adaptasi pada Profesi Dosen Berdasarkan Spesialisasi Ilmu di Bidang Kajian Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung, sebagai Upaya Para Pengelola Mengimplementasikan Nilai-nilai Budaya Organisasi dan Meningkatkan Profesionalitas dosen”.  Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian, yakni :  1) Bagaimana  pengelola Bidang Kajian  mengkonstruksi pola komunikasi organisasi; 2) Bagaimana tipikasi pola komunikasi organisasi berdasarkan spesialisasi ilmu di Bidang Kajian; 3) Bagaimana proses dosen baru beradaptasi dengan profesi dosen dan dengan pola komunikasi organisasi.  Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui studi fenomenologis. Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada para pengelola Bidang Kajian (Jurnalistik, Humas, dan Mankom), dan kepada masing-masing 1 orang dosen “baru”,  serta kepada mahasiswa sebagai informan tambahan.  Hasil penelitian dapat digambarkan dalam bentuk model yang menunjukkan proposisi adanya keterkaitan antara Pola  Komunikasi Organisasi dengan berbagai aspeknya seperti, dengan Jenis Spesialisasi  atau Profesi Bidang Keilmuan. Pola  komunikasi organisasi secara umum di BK Jurnalistik bersifat “egaliter”, di BK Humas bersifat “familiar” atau kekeluargaan, dan di BK Mankom bersifat non-formal cenderung “serius” dan kaku. Adapun proses adaptasi dosen baru terhadap Budaya Komunikasi Organisasi, berdasarkan pengamatan dan wawancara dapat dibuat tipikasi tahapannya ke dalam lima jenis tahapan, masing-masing melalui tahap: Kebanggaan semu, Kekalutan, Kegamangan, Pengabaian, dan Penerimaan.

Keywords


Pola Komunikasi Organisasi; Proses Adaptasi; Konstruksi Pola Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Creswell, John. 1997. Qualitative Inquiry and Research Design Choosing among Five Tradition. New Delhi.: Thousand Oaks London and.

Davis, Fred. 1972. Illness Interaction and The Self. Belmont, California : Wadsworth Publishing Company.

Fisher,B. Aubrey. 1978. Interpersonal Communication : a pragmatics of Human Relationship. New York : Random House.

Guirdham, Maureen. 1990. Interpersonal Skill at Work. New York : Prentice Hall.

Kreitner, Robert dan Kinicki. 2003. Organizational Behavior-Perilaku Organisasi (terj), Mc Graw-Hill Education. Jakarta : Salemba Empat.

Larson, Charles U. 1969. Persuasion Reception and Responsibility. Speech-Monograph

Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication. Belmont : Wadsworth.

Myers, Gail E. & Michele Tolela Myers. 1988. The Dynamics of Human Communication : A Laboratory Approach. New York : Mc Graw Hill.

Pace, R Wayne et.all. 1975. Communication Behavior & Experiment : A Scientific Approach. Belmont : Wadsworth.

Communication Behavior & Experiment : 1983. Organizational Communication, Foundations For Human Resource Development. New Jersey : Prentice Hall, Inc., Rakhmat, Jalaluddin, 1987. Psikologi Komunikasi. Reaja Karya, Bandung

Reardon, Kathleen K. 1987. Interpersonal Communication : Where Minds Meet. Belmont : Wadsworth.

Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi, Jilid 2 (terj), Edisi 9. Indeks Jakarta : PT-Gramedia.

Sendjaja, Djuarsa. dkk. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka.

Siegel,S.1994. Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta : Gramedia.

Singarimbun, M.,dan S. Effendi, 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES.

Syam, Nina W. 1999. Fact Finding Persepsi Publik Tentang Citra. Bandung : LPPM Unpad.

Yulianita, Neni. 2000. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Multimedia. Fikom Unisba.

Yuningsih, Ani. 1999. “Pengaruh Interaksi Kelompok dan Sistem Nilai Terhadap Kemampuan Wirausaha Pengusaha Kecil” Tesis. Program Pascasarjana Unpad, Bandung




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i4.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License