Profil Mutu Lembaga PAUD Nonformal Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut

Irfan Safrudin, Agus Halimi, Andepi Daryana

Abstract


Beragamnya performance mutu 12 lembaga PAUD non formal di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut setelah akreditasi mencerminkan kualitas mutu lembaga PAUD yang dikelolanya. Kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di seluruh wilayah hukum  Negara Kesatuan Republik Indonesia telah diatur berdasarkan  Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  no 137 tahun 2013  tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi delapan standar nasional PAUD yang harus terdokumentasikan lengkap, sesuai dengan pedoman standar nasional PAUD, serta terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di lembaga PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas mutu lembaga PAUD  non formal di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut sebelum dan setelah diakreditasi. Melalui analisis data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (t test)  maka dihasilkan profil mutu lembaga PAUD non formal di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dan adanya pengaruh nilai mutu sebelum akreditasi terhadap nilai mutu setelah akreditasi.


Keywords


PAUD; Mutu; Akreditasi.

Full Text:

PDF

References


A., Halim, et al. (2009). Manajemen Pesantren. Lkis Printing Cemerlang. Yogyakarta.

A., Sonhadji. (2012). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan: Menuju Peradaban Baru. UM Press. Malang.

A., Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif: dalam Perspektif Rancangan Penelitian. AR-Ruzz Media. Jogjakarta.

Alwi, Hasan, et al. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Andyarto, Surjana. "Efektivitas Pengelolaan Kelas." Jurnal Pendidikan Penabur 1.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta. Jakarta.

Aziz, Hamka A. (2012). Karakter Guru Profesional. Al-Mawardi. Jakarta.

B., Wiyono, B. (2008). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kuallitatif, dan Action Research. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang.

Barnawi, el al. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Brantas. (2009). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta. Jakarta.

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Rineka Cipta. Jakarta.

Daryanto & Tutik Rachmawati. (2017). Supervisi Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Dawam, Ainurrofiq. (2004). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Listafariska Putra. Jakarta.

Departemen Agama RI. (2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta.

Depdiknas. (2002). Menata System Menuju Gerakan Masyarakat. Bulletin PAUD.

E., Mulyasa. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Edward, Sallis. (2006). Total Quality Manageman In Education. IRCiSo. Jogjakarta.

Faisal, & Sanapiah. (2001). Format-format Penelitian Sosial. Raja Grafindo. Jakarta.

Fathurrohman, T., et al. (2018). Tafsir Al-Quran Unisba Juz XXVIII. LSIPK. Bandung.

H., Patilima. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Alfabeta. Bandung.

H., Soetopo. (2009). Manajemen Berbasis Seklah & Kurikulum Berbasis Kompetensi: Bunga Rampai Pokok Pikiran Pembaharuan Pendidikan di Indonesia. FIP UM. Malang.

H., Usman. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (Edisi 4). Bumi Aksara. Jakarta.

Hamim, Atang A., & Jaih Mubarok. (2011). Metodologi Studi Islam. Bandung.

Hasibuan, & Malayu S.P. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Ida, Rindaningsih. "Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD.". PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2012): 213-223.

Idi, Abdullah. (2013). Sosiologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ikhsan, Fuad. (2003). Dasar-dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

J., Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

J., Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Jalaluddin, & Abdullah Idi. (2013). Filsafat Pendidikan. Raja Grafindo. Jakarta.

Kadarisman. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Raja Grafindo. Depok.

Kamal, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Alfabeta. Bandung.

Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama. (2012). Panduan Penyelenggara Sekolah Berbasis Pesantren,

Mahfudz. (2010). Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Luqmanul Hakim Batumarta. OKU Timur. Tesis.

Masitoh, Setiasih, O., & Djoehaeni, H. (2003). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Masnipal, (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mastuki, et al. (2003). Manajemen Pondok Pesantren. Diva Pustaka. Jakarta.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu. Ciputat.

Mulyasa, H. E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Rosda Karya. Bandung.

Mushlih, A., & Rudi A. S. (2018). Supervisi Pendidikan “Teori dan Praktek”. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nata, Abudin. (2010). Manajemen Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta.

N., Syamsu Y. L., et al. (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung.

N., Ulfatin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Bayumedia. Malang.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Grasindo. Jakarta.

Rae, Leslie. (2004). Using Presentations In Training and Development. Clutterbuck Associates. London.

S., Ridwan A., et al. (2005). Penjaminan Mutu Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta.

Sudarsyah, Asep. (2017). Supervisi Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suhardan, Dadang, et al. (2011). Manajemen Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suhardik, Didik. (2002). Panduan Pelaksana Sekolah Berbasis. Jakarta.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa. Bumi Kasara. Jakarta.

Susilo, Stiadi. (2016). Pendoman Akreditasi PAUD. Gramedia. Jakarta.

Siswanto. (2011). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Suparlan. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: dari Teori sampai dengan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.

Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan UPI. Bandung.

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Erlangga. Jakarta.

Terry, George R. & Leslie W. Ruse. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Terjemah Bumi Aksana. Jakarta.

Thorne, Kaye. (2004). Coaching For Change. London.

Tony, B., et al. (2012). Manajemen Muru Kepemimpinan. IRCiSoD. Jogjakarta.

U, Komarudin. (2015). Arief Rachman Guru. Erlangga. Jakarta.

W.Novan A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu. Gava Media. Yogyakarta.

Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Pakar Raya. Bandung.

Yusuf, F. (2000). Evaluasi Program. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v7i2.11037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723