KOMPETENSI SOSIAL DENGAN MELIHAT “OVEREXCITABILITIES” DAN POLA ASUH PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA

Sulisworo Kusdiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh 1) gambaran mengenai kompetensi sosial siswa cerdas istimewa 2) gambaran mengenai overexcitabilities siswa cerdas istimewa, 3) gambaran pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap  siswa cerdas istimewa,4) keterkaitan kompetensi sosial, overexitabilities dan pola asuh. Variabel dalam penelitian ini adalah Kompetensi Sosial, Overexcitabilities, dan Pola Asuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Mayoritas  58,33% (14 orang) siswa memiliki kompetensi sosial yang dikategorikan sedang, 2) Tidak semua  siswa cerdas istimewa memiliki ciri overexcitabilities. Hanya 12 orang atau 50 % siswa cerdas istimewa di SMA Negeri 1 Garut  memiliki ciri overexcitabilities yang tinggi, 3) mayoritas 58,33% (14 orang) siswa diasuh orang tua dengan tipe pola asuh authoritative; 25% (6 orang) siswa diasuh orang tua dengan  tipe pola asuh permissive;16,7% (4 orang) siswa diasuh dengan tipe pola asuh neglectful;  4) Ada keterkaitan antara overexitabilities, pola asuh dengan kompetensi sosial siswa cerdas istimewa. Tipe pola asuh Authoritative akan membentuk kompetensi sosial yang tinggi, sedangkan tipe pola asuh Permissive dan Neglectful akan membentuk kompetensi sosial yang sedang.

Keywords


Overexcitabilities, kompetensi sosial, pola asuh, siswa cerdas istimewa, akselerasi

References


Colangelo, Nicholas and Assouline, Susan G.(2009) . Acceleration/A Nation

Deceived Dalam Encyclopedia of Giftedness, Creativity , and Talent .

Edited by Barbara Kerr , Vol 1 & 2 . Thousand Oaks : Sage

Publications, Inc. Hal 9 – 10

Colangelo, Nicholas and Assouline, Susan G. ( 2009 ) Acceleration:Meeting the

Academic and Social Needs of Students dalam International Handbook

on Giftedness . Larisa V. Shavinina (Ed.). Quebec : Springer Science+Business Media B.V. Hal

Davis & Rimm. (1997). Education of the Gifted and Talented. USA : Allyn &

Bacon

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman penyelenggaraan Program

Percepatan Belajar SD, SMP dan SMA Satu Model Pelayanan Pendidikan bagi peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan Bakat Istimewa. Jakarta: Depdiknas

Falk, Frank ; Lind, Sharon;. Miller, Nancy B ;. Piechowski, Michael M &

Silverman, Linda K. 1999. The Overexcitabilities Questionnaire – Two

(OEQ II) Manual, Scoring System, and Questionnaire. Institute for Study

of Advanced Development

Gross, Miraca (1993) dalam Silverman (The Universal Experience of Being Out-

of-Sync Linda Silverman, Ph.D. Keynote address presented at the Eleventh

World Conference on Gifted and Talented Children, Hong Kong, August

, 1995)

Hawadi, Reni Albar. 2004. Akselerasi. A-Z Informasi Program Percepatan

Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta : Grasindo

Hurlock,E.B. 1980. Developmental Psychology A life-Span Approach.New Delhi :

Tata McGraw-Hill Publishing Company.

--------------------, 1973. Adolescent Development. Tokyo : McGraw-Hill

Kogakusha, Ltd.

Indira Permansari , Ester Lince N .( 2007). Kelas Akselerasi untuk Anak Cerdas. Rubrik Mutu Pendidikan. Harian Kompas 17 Desember 2007

Kimmel,D.C ; Weiner, I.B. 1985. Adolescence A Developmental Transition.

Second Edition. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Maccoby, Eleanor E. 1980. Social Development. New York : Harcourt Brace

Jovanovich, Inc.

Mendaglio, Sal ; Tillier, William. 2006. Dabrowski’s Theory of Positive

Disintegration and Giftedness : Overexcitability Research Findings in

Journal for the Education of the Gifted. Volume 30. no 1. pp 86 – 87.

Prufrock Press Inc, http://www.prufrock.com

Nulhakim, T. Rusman. ( ) Program Akselerasi bagi Siswa Berbakat Akademik

dalam akselerasismptarbak.blog.

Piechowski, Michael M.1999. Overexcitabilities dalam Encyclopedia of

Creativity. Volume 2. Academic Press. Page 325 – 334.

Rose-Krasnor, L. (1997). "The nature of social competence: A theoretical review"

dalam Social Development 6: 111–35.

Rose-Krasnor, L ; Rubin, Kenneth H.;. Booth, Cathryn L ; Coplan, Robert. 1999.

The Relation of Maternal Directiveness and Child Attachment Security to

Social Competence in Preschoolers dalam International Journal of

Behavior Development. 19 (2), 309–325

Semrud-Clikeman, Margaret . 2007. Social Competence in Children. New York :

Springer Science Business Media, LLC.

Stormshak, Elizabeth A. & Welsh, Janet A. Enhancing Social Competence dalam

Handbook of Research Methods in Developmental Science. Edited by

Douglas M.Teti. Malden : Blsckwell Publishing, Ltd.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723