ANALISIS ITEM SOAL UTS PEDOLOGI SEMESTER GANJIL 2015-2016
Abstract
Evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui ujian dengan menggunakan soal pilihan ganda. Untuk dapat mengetahui apakah soal-soal UTS Pedologi Semester Ganjil 2015-2016 memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, kemampuan tiap soal dalam membedakan siswa yang paham dan tidak paham materi, serta kemampuan pilihan jawaban soal dalam mengganggu pilihan jawaban soal lainnya, maka dilakukan analisis item. Data yang dianalisis adalah jawaban dari 102 mahasiswa yang mengikuti UTS mata kuliah Pedologi Semester Ganjil 2015-2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal UTS Pedologi 2015-2016 masih memiliki banyak kekurangan, sehingga perlu dilakukan revisi pada soal-soal ujian tersebut agar dapat benar-benar melakukan evaluasi belajar dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, Ata Nayla & Widayati, Ani. ( 2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akutansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia Vol. X No 1.
Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan Validitas – Edisi 4. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Belajar
Crocker, Linda & Algina, James. (2008). Introduction to Classical and Modern Test Theory. USA : Cengage Learning
Graziano, Anthony M. &Raulin, Michael L. (2000). Research Methods : A Process of Inquiry – Fourth Edition, USA : Allyn and Bacon.
Neuman, W. Lawrence. (2006). Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. Sixth Edition. Boston : Pearson Allyn and Bacon.
Parritz, Robin Hornik & Troy, Michael F. (2011). Disorders of Childhood : Development and Psychopathology. Canada : Wadsworth Cengage Learning.
Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung : Penerbit Refika Aditama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sudjiono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Raja GrafindoPersada.
Wenar, Charles & Kerig, Patricia. (2011). Developmental Psychopathology From Infancy Through Adolescence – Fifth Edition. USA : McGraw Hill.
DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.