Hubungan Antara Dukungan Sosial Dosen Pembimbing Dengan Efikasi Diri Mahasiswa Yang Mengontrak Skripsi Lebih dari Dua Semester di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Sukarti Hilmi M, Milda Yanuvianti Yanuvianti, Dewi Puji Lestari

Abstract


Mahasiswa perguruan tinggi diharuskan menyusun skripsi yang sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah yang benar dalam jangka waktu satu semster. Fenomena di Fakultas Psikologi UNISBA, terdapat sejumlah mahasiswa yang belum dapat menyelesaikan skripsinya dalam jangka waktu lebih dari dua semester. Mereka menghadapi sejumlah tuntutan dan hambatan dari dalam maupun luar dirinya. Mereka mengaku stres dan menghindari skripsi dikarenakan ragu akan dapat meyelesaikan skripsi. Keyakinan akan kemampuan mereka dapat disebut efikasi diri (Bandura, 1997). Pada kenyataannya, sebagian dari mereka memiliki IPK di atas 2,75, telah lulus dari mata kuliah Metodelogi Penelian 1 dan 2. Berdasarkan wawancara, mereka memerlukan bantuan berupa arahan, motivasi, masukan, informasi, dan solusi dari dosen pembimbing. Fenomena di atas menunjukkan dugaan adanya hubungan antara dukungan sosial dosen pembimbing dengan efikasi diri pada mahasiswa yang mengontrak skripsi lebih dari dua semester.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara dukungan sosial dosen pembimbing dengan efikasi diri pada mahasiswa yang mengontrak skripsi lebih dari dua semester di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Kegunaan penelitian ini, memberikan informasi dan masukan kepada mahasiswa yang mengontrak skripsi, juga sebagai informasi bagi dosen pembimbing dan bagian akademik.

Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Pemilihan subjek penelitian menggunakan studi populasi dengan karakteristik mahasiswa yang mengontrak skripsi lebih dari dua semester di Fakultas Psikologi UNISBA dan memiliki IPK di atas 2,75.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan teori dukungan sosial (Gottlieb, 2000) dan teori efikasi diri (Bandura, 1997). Pegolahan data menggunakan metode statistik uji korelasi rank spearman.

Hasil yang diperoleh yaitu terdapat hubungan positif dengan tingkat keeratan sedang (rs = 0,55; a = 0,05) antara dukungan sosial dosen pembimbing dengan efikasi diri pada mahasiswa yang mengontrak skripsi lebih dari dua semester di Fakultas Psikologi UNISBA. Artinya, semakin rendah dukungan sosial dosen pembimbing yang diterima, maka semakin rendah pula efikasi diri mahasiwa yang mengontrak skripsi lebih dari dua semster.


Keywords


Dukungan sosial, Efikasi diri

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Alan, Vaux. 1998. Social Support: Theory, Research, and Intervention. New York: Preager Publishers

Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman

Bandura. 1994. Self Efficacy. http://www.des.emory.edu/mfp/BanEncy.html

Gage, N.L., Barliner, David C. 1979. Educational Psychology. USA, Rand McNally College Publishing Company

Gottlieb, Benjamin H., Sheldon Cohen & Lynn G. Underwood.2000. Social Support Measurement and Intervention: A Guide for Health and Social Scientists. New York, Oxford University Press, Inc

Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Phinney, Hass. 2003. The Impact of Stress on Academic Success in College Student. http://www.redorbit.com/health/391477/the_impact_of_stress_on_academic_success_in_college_student/

Ormrod, Jeanne E. 2000. Educational Psychology: Developing Learners. New Jersey, Prentice-Hall, Inc

Saifuddin, Azwar. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sarafino, Edward P. 1990. Health Psychology: Biopsichosocial Interaction. Singapore, John Willey & Sons Inc

Wardhana, Bram D. 2010. Pendidikan Tinggi di Indonesia. www.pts.co.id/umum.php

Wikipedia. 2009. Guru. http://id.wikipedia.org/wiki/Guru




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.2425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.