STUDI PERBANDINGAN PROFIL PAULI ANTARA MAHASISWA BERPRESTASI TINGGI DAN MAHASISWA BERPRESTASI RENDAH ANGKATAN 2004 JURUSAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM DI POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG

Ihsana Sabriani Borualogo, siti qodariah, Wulan Maulidya Rabayani

Abstract


Politeknik adalah salah satu perguruan tinggi yang didirikan untuk menjembatani antara lulusan STM (teknisi) dengan lulusan S1 (engineer). Di Politeknik Manufaktur Bandung, mahasiswa dituntut untuk memiliki kompetensi teoritik dan praktik, yang dinyatakan dalam IPT (Indeks Prestasi Teoritik) dan IPP (Indeks Prestasi Praktik) serta IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Namun, di Jurusan Teknik Pengecoran Logam, jumlah mahasiswa berprestasi rendah tergolong masih cukup banyak, yaitu IPT rendah sebanyak 35.29% sedangkan IPP rendah sebanyak 29.41%.

Sesungguhnya, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung telah melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui psikotes. Salah satu alat tes yang digunakan adalah Pauli. Melalui Pauli dapat dilihat sikap kerja, motivasi, daya tahan, kekuatan usaha, pengaturan energi dan stabilitas emosi yang diperkirakan memberi pengaruh terhadap pencapaian prestasi akademik.

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan profil Pauli antara mahasiswa berprestasi tinggi dan mahasiswa berprestasi rendah di Jurusan Teknik Pengecoran Logam angkatan 2004. Hipotesis yang diajukan adalah “terdapat perbedaan Profil Pauli antara mahasiswa berprestasi tinggi dengan mahasiswa berprestasi rendah angkatan 2004 Jurusan Teknik Pengecoran Logam di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung.” Hasil uji statistik dengan teknik T-test dan Chi-Kuadrat untuk grafik kerja, terdapat perbedaan yang signifikan pada jumlah, rata-rata, tinggi, kenaikan awal, dan simpangan. Mahasiswa berprestasi tinggi memiliki motivasi tinggi, perencanaan, vitalitas tinggi, pengaturan diri, dan stabilitas emosi. Hal ini membantu mereka untuk bertahan dan menyesuaikan diri terhadap tuntutan dan situasi di Polman, sehingga dapat mencapai prestasi yang baik. Sedangkan mahasiswa berprestasi rendah kurang memilki motivasi, kurang perencanaan, vitalitas kurang, dan emosi yang labil. Hal ini menyulitkan penyesuaian diri terhadap tuntutan dan situasi di Polman dan menjadikan rendahnya prestasi yang mereka raih. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Tes Pauli dapat memprediksi pencapaian IPK dan IPP, tetapi tidak dapat memprediksi IPT

Keywords


Profil Pauli, IPT, IPP, IPK

References


_ _ _ _ _ _. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

_ _ _ _ _ _. 2003. Peraturan Sekolah dan Kode Etik. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung.

Arikunto, Saifuddin. 1996. Psikolgi Intelegensi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dewi, Sinta Koenang, S.Psi. 2006. Survai Mengenai Pauli Pada Mahasiswa Berprestasi Tinggi, Sedang, dan Rendah angkatan 2003 Di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Skripsi. Bandung: UNISBA.

Hall, Calvin. S & Lindzey Gardner. 1993. Teori-teori Sifat dan Behavioristik. Yogyakarta : Kansius.

Hariadi, Ari, S.Psi. 2006. Studi Survai Mengenai Hasil Psikotes Pauli dan IST Ujian Saringan Masuk sebagai Prediktor Keberhasilan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2003 di Universitas Islam Bandung. Skripsi. Bandung: UNISBA.

Kahfi, Agus. S, Psikodiagnostika V, Diktat, Bandung : UNISBA.

Kartono, Kartini. 1987. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : CV. Pioner Agung.

Kouwer, J.B., DR. 1952. Test Dalam Praktek Psychologi Suatu Pengantar Dalam Psychodiagnostik. Utrecht. Erven J. Bijeveld.

Nugraha, Endi, Drs. 1993. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : C.V. Permadi.

Purwanto, Ngalim M., Drs., MP. 1990. Psikologi Pendidikan. Cetakan kelima (edisi ketiga). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Soewarjo. Pauli Diagnostik. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha.

Sudjana, Prof., DR., M.A., M.Sc. 1992. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyona, Prof., Dr. Dan Eri Wibowo, S.Pd. 2004. Statistika Untuk Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS Ver 10.0 for Windows. Bandung : ALFABETA.

Sumintardja, Elmira N. 1991. Pengantar Psikodiagnostik. Cetakan Kedua. Bandung : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran Fakultas.

Sunardi, Sarodjo A. Tes Pauli. Diktat Kuliah. Bandung : Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.

Syamsuddin, Abin. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Syaodih, Nana. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v1i2.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.