Kebutuhan Akan Metoda Assessment Center Dan Prospek Penerapannya

Soemarto Soemarto

Abstract


Makalah ini dimaksudkan untuk mengantar para pembaca kepada pengetahuan tentang Assessment Center dalam hubungannya dengan manajemen sumberdaya manusia. Untuk itu akan dibahas terlebih dahulu pengertian tentang falsafah manajemen sumberdaya manusia, dilanjutkan dengan pengertian tentang Assessment Center sebagai salah satu metoda pengembangan sumberdaya manusia dan asal-usul metoda tersebut, dan disusul kemudian dengan uraian mengenai tujuan penggunaan Assessment Center, dilanjutkan dengan uraian mengenai apa yang perlu perhatikan dalam membangun Assessment Center. Kemudian masih perlu disebutkan konsekuensi penggunaannya dan ditutup dengan suatu imbauan dalam rangka menjaga atau mengendalikan kualitas penyelenggaraan Assessment Center dengan membentuk suatu badan atau komunitas pemakai metoda Assessment CenterMakalah ini dimaksudkan untuk mengantar para pembaca kepada pengetahuan tentang Assessment Center dalam hubungannya dengan manajemen sumberdaya manusia. Untuk itu akan dibahas terlebih dahulu pengertian tentang falsafah manajemen sumberdaya manusia, dilanjutkan dengan pengertian tentangAssessment Center sebagai salah satu metoda pengembangan sumberdaya manusia dan asal-usul metoda tersebut, dan disusul kemudian dengan uraian mengenai tujuan penggunaan Assessment Center, dilanjutkan dengan uraian mengenai apa yang perlu perhatikan dalam membangun Assessment Center. Kemudian masih perlu disebutkan konsekuensi penggunaannya dan ditutup dengan suatu imbauan dalam rangka menjaga atau mengendalikan kualitas penyelenggaraan Assessment Center dengan membentuk suatu badan atau komunitas pemakai metodaAssessment Center.

Keywords


Assessment Center, Manajemen Sumber Daya

References


Gill, R. (1989), HOW TO IDENTIFY MANAGEMENT POTENTIAL THROUGH THE ASSESSMENT CENTER, Training for Aseessors by Roger Gill & Associates Pte Ltd, Singapura in cooperation with P.T. Telkom Bandung, Indonesia.

Lynch, J.J. (1971), A MANPOWER DEVELOPMENT SYSTEM, Making Manpower Effective Part Il, Pan Books Ltd. London.

Schultz, D.P. & Schultz, S.E. (1990), PSYCHOLOGY AND INDUSTRY TODAY, An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, 5th Edition, Macmillan Publishing Company, New York.

Thornton 111, G.C. & Byham, W.C. (1982), ASSESSMENT CENTERS AND MANAGERIAL PERFORMANCE, Academic Press, Inc. Harcourt Brace Jobanovich, Publishers, San Diego, California.

Thornton 111, G.C. (1992), ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT, Addison-Wes1ey Publishing Company, Reading, Massachusetts.

Woodruffe, Ch. (1990), ASSESSMENT CENTERS, Identifying and Developing Competence, Institute of Personnel Management, IPM House, Camp Road, Wimbledon, London




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v1i1.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723