Penelitian Tentang Penyesuaian Diri Terhadap Masa Berkabung Pada Wanita yang Suaminya Meninggal

Makmuroh Sri Rahayu, Bayu Asri Gusnin

Abstract


Kehidupan seseorang akan selalu mengalami perubahan yang memerlukan penyesuain diri. Salah satu perubahan kehidupan tersebut adalah jika seorang wanita ditinggalkan suaminya karena meninggal. Peristiwa tersebut akan menyebabkan stress bagi individu yang bersangkutan dan memerlukan penyesuaian diri. Kemampuan penyesuaian diri seseorang terhadap masa berkabung dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian in bertujuan untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi panyesuaian diri wanita yang ditinggal mati suaminya. Penelitian bersifat studi kasus terhadap enam wanita. Alat ukuryang digunakan untuk memperoleh data adalah angket penyesuaian diri dan depth interview yang digunakan untuk mengetahui latar belakang kehidupan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor yang berperan dalam kemampuan penyesuaian diri pada subjek penelitian adalah ketaatan yang kuat pada agama. Ketaatan tersebut diperoleh dari pendidikan masa kecilnya dan berlanjut pada usia dewasa. Faktor lainnya adalah aktivitas isteri (pekerjaan), kepribadian, dan sebab-sebab suami meninggal.


Keywords


Penyesuaian Diri

References


Bayu Asri Gusnindar, 1997 . Skripsi Studi kasus mengenai perbandingan mengenai kemandirian danpenyesuaian diri terhadap masa berkabung antara isteri yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan budaya Sunda.

Bowlby, J., 1980. Attachment and Loss, Vol III, Penguins Books. Middlesex

Dennis, Marsden.,1996, Mother Alone, Poverty and the Fatherless Family, Allen Lane, The Penguin Press.

Morgan, Clifford. T, King, Richard A; Weish John R;1986. Introduction to Psychology, Seventh Edition, Mc.Graw-Hill. Singapore.

Scneiders, Alexander,1964, A Personal Adjustment and Mental Health, Holt, Renehart, and Awinson, New york.

Warden, J. William, 1982, Grief Therapy And Grief Counseling, Springer Publishing Company, Inc, New York.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v1i1.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.