STUDI MENGENAI KEPRIBADIAN DAN SELF-ESTEEM PADA PECANDU MEDIA SOSIAL

Farida Coralia, Siti Qodariah, Milda Yanuvianti

Abstract


Media sosial telah menjadi bentuk aktivitas yang semakin populer selama dekade terakhir. Meskipun kebanyakan pengguna media sosial adalah orang adalah non-bermasalah, namun ditemukan adanya pengguna media sosial yang terlibat dalam aktivitas media sosial secara berlebihan dan/atau kompulsif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai kepribadian dan self-esteem pada pengguna media sosial yang menampilkan perilaku adiksi atau kecanduan. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Alat ukur yang digunakan dalam pengambilan data adalah Media Social Addiction, Personality Beliefs Questionaire (PBQ) dan Self-Esteem Questionnare. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa sebanyak 96% subjek penelitian mengalami adiksi pada tingkat moderate, dan sebanyak 4% yang mengalami adiksi pada tingkat severe. Tipe kepribadian yang paling banyak ditemukan adalah Obsessive-Compulsive. Demikian pula dengan self-esteem, sebanyak 54% memiliki self esteem yang terkategorikan tinggi. 


Keywords


Kepribadian, Self-esteem, Adiksi Media

References


Allen et.al (2014). Social Media Use and Social Connectedness in Adolescent. The Australian Educational and Development Psychologist.

Andreassen et. Al (2014). Predictors of Use of Social Network. Journal of Computer-Mediatri Communication

Beck, Aaron t., Davis, Denise D., Freeman, Arthur. (2004). Cognitive therapy of personality disorders. Second edition.

Beck, Judith S., Beck, Aaron T. (2011). Cognitive behavior therapy (basics and beyond). Second edition.

Cohen and Willerman. (1990). Boyd and Ellison. (2007). Social Network Sites. Journal of Computer-Mediatri Communication

Coopersmith, Stanley. 1967. The Antecendents Of Self-esteem. San Francisco : Freeman and Company

Davis, R.A. (2001). A cognitive-behavioural model of pathological internet use.Psychopathology. New York : McGraw-Hill Publishing Company.

Griffiths. (2005). A Components Model Of Addictions Within A Biopsychosocial Framework. Journal of Substance of Use

Hernandez, Ruben D.M., Vasquez, Nadia S.M. (2015). Psychometric properties and structural validity of the short version of the personality beliefs questionnaire (PBQ-SF).

Jones, Steven H., dkk. (2007). Relationship between the personality beliefs questionnaire and self-rated personality disorders.

Kuss and Griffiths. (2011). Online Social Networking and Addiction. International Journal of Environmental and Publics Health

Millon, Theodore., dkk. (2000). Personality disorders in modern life (second edition).

Santika,Yuni, N. M. Sudiana, dan N. I. Arifin. (2013). Dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa karya siswa SMA Unggulan Sekota Denpasar (Kajian Analisis Wacana Kritis).

Young, S. Kimberly. (1996). Internet addiction: the emergence of a new clinical disorder. Published in CyberPsychology and Behavior, Vol. 1 No. 3., pages 237-244.

Young, S. Kimberly. (1999). Internet addiction: symptoms, evaluation, and treatment. (Vol.17).

Young, S. Kimberly. (2004). Internet addiction. A new clinical and its consequences. Retrieved from St. Bonaventure University Center for Online Addiction.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.3386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723