PENGARUH INTERVENSI LATERALISASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSEPSI VISUAL PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA

Anggi Anggraeni

Abstract


Kemampuan persepsi visual memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini dikatakan penting, karena sebagian besar informasi yang diterima dari luar didapat melalui indera penglihatan atau mata. Persepsi visual juga memainkan peran yang penting dalam belajar terutama dalam membaca. Hambatan persepsi visual dapat menyebabkan proses belajar siswa tidak berjalan lancar dan hasil belajarnya tidak maksimal, sehingga tujuan-tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi lateralisasi dalam meningkatkan kemampuan persepsi visual pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat yang mengalami kesulitan belajar membaca. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) atau penelitian subjek tunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa Sekolah Dasar kelas II yang mengalami hambatan persepsi visual (dalam hal ini lateralisasi) yang menyebabkannya mengalami kesulitan belajar membaca. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh intervensi lateralisasi terhadap peningkatan kemampuan persepsi visual pada keempat subjek yang mengalami kesulitan belajar membaca. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak sekolah agar lebih memperhatikan siswa yang mengalami hambatan persepsi visual (dalam hal ini lateralisasi), sehingga guru dapat memberikan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

Kata Kunci : intervensi lateralisasi, kemampuan persepsi visual, kesulitan belajar membaca.

 




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v4i1.3684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.