PENGARUH TAEKWONDO TERHADAP PENINGKATAN SUSTAINED ATTENTION SISWA ADHD INATTENTIVE ( Studi Pada Siswa Kelas 3, 4 & 5 Di SDN Griba 32 Bandung)

Dwie Rahmatanti, Ihsana Sabriani Borualogo, Dewi Rosiana

Abstract


Siswa ADHD inattentive memiliki kesulitan untuk mempertahankan rentang sustained attention ketika belajar di dalam kelas. Selain itu mereka pun memiliki permasalahan dalam keseimbangan motoriknya sehingga membutuhkan latihan keseimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh taekwondo terhadap peningkatan sustained attention siswa ADHD Inattentive pada empat orang siswa kelas 3, 4 & 5 di SDN Griba 32 Bandung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui perubahan durasi rentang sustained attention yang ditimbulkan dari latihan taekwondo. Desain penelitian menggunakan model pretest dan posttest design, di mana setiap subyek penelitian telah diukur menggunakan alat ukur sustained attention yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori Flick(1998). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh taekwondo terhadap peningkatan sustained attention siswa ADHD inattentive




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v4i1.3891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.