ANALISIS KUALITAS AITEM INTELLIGENCE STRUCTURE TEST (IST) MELALUI METODE ITEM RESPONSE THEORY (IRT)

Dwi Agustin Nuriani Sirodj

Abstract


Intelligence Structure Test (IST) merupakan salah satu tes psikologi untuk mengukur kemampuan intelegensi seseorang. Di Universitas “X” penggunaan IST dijadikan sebagai acuan untuk seleksi masuk mahasiswa. Sebagai salah satu prediktor keberhasilan mahasiswa dalam menempuh pendidikan sarjana, penting untuk memastikan apakah kualitas dari tes IST masih baik untuk saat ini. Mengingat bahwa alat tes IST yang ada di Indonesia pada saat ini masih hasil adaptasi dari IST-70 dan belum ada revisi hingga saat ini. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka berkembang pula salah satu metode yaitu item respon theory (IRT).  IRT merupakan teori tentang bagaimana variabel kemampuan seseorang dan variabel aitem menentukan data respons ketika seseorang menjawab aitem tersebut. Kualitas tes IST apakah baik atau tidak ditentukan oleh ketepatan alat tes tersebut dalam mengukur kecerdasan individu (validitas), konsistensi dari alat tes tersebut (reliabilitas), derajat kesukaran aitem yang bergerak dari mudah ke sulit, daya pembeda aitem yang mampu membedakan individu yang mempunyai kemampuan tinggi dan rendah, serta index guessing agar aitem tidak mudah untuk ditebak jawabannya. Atas dasar tersebut peneliti ingin melakukan penelitan mengenai analisis kualitas aitem IST melalui metode IRT pada proses seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas  “X”  pada periode 2017- 2018. Dari hasil penelitian di dapat bahwa  secara keseluruhan IST masih layak digunakan sebagai alat test yang mengukur kecerdasan seseorang dan dipakai sebagai prediktor keberhasilan calon mahasiswa baru dalam menempuh pembelajaran di universitas, hanya saja perlu adanya perbaikan dalam penempatan aitem yang disesuaikan dengan index facility nya. Selain itu terdapat delapan aitem tes yang tidak layak digunakan sehingga perlu diganti.

Keywords


Intelligence Structure Test, Item Respon Theory

References


Adinugroho, I. (2016). Pengujian Properti Psikometrik Intelligenz Struktur Test Subtes Kemampuan Spasial Dua Dimensi (Form Auswahl): Studi Pada Dua Sma Swasta Di Jakarta . Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, Vol. 5, No. 2, 165-180.

Anggreyani, A. (2009). Penerapan Teori Uji Klasik Dan Teori Respon Butir Dalam Mengevaluasi Butir Soal (Studi Kasus : Soal Ujian Akhir Semester Tingkat Persiapan Bersama Institut Pertanian Bogor Mata Kuliah Fisika Tahun Ajaran 2008/2009). Bogor: Skripsi Departemen Statistika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institur Pertanian Bogor.

Hambleton, R. K., & Swaminathan, H. (1985). Item Response Theory : Principles and Applications. New York: Kluwer Nijhoff Publishing.

Huriaty, D. (2015). Metode Kalibrasi Dan Desain Tes Berdasarkan Teori Respon Butir (IRT). Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 3.

Mars, C. D. (2010). Item Response Theory : Understanding Statistics Measurement. New York: Oxford University Press, Inc.

Rahmawati, E. (2014). Evaluasi Karakteristik Psikometri Intelligenz Struktur Test (IST) . Seminar Nasional Psikometri (hal. 270-282). SUrakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Retnawati, H. (2014). Teori Respon Butir dan Penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Ridho, A. (2007). Karakteristik Psikometrik Tes Berdasarkan Pendekatan Teori Tes Klasik Dan Teori Respon Aitem. INSAN Media Psikologi.

Suryani, Y. E. (2018). Aplikasi Rasch Model dalam Mengevaluasi Intelligenz Structure Test (IST). Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 73-99.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v4i2.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.