EFEKTIVITAS PELATIHAN “HAPPINESS PROGRAM” DALAM MENINGKATKAN HAPPINESS PADA MAHASISWA

Sarah Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik uji coba efektifitas pelatihan “Happiness Program” dalam meningkatkan Happiness. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi program yang melibatkan lima (5) peserta program.

Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan lembar evaluasi. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah Oxford Happiness Questionnaire (OHQ) untuk mengukur skor happiness dan Major Depression Inventory (MDI) untuk mengukur simptom depresi. Kedua kuesioner diadaptasi oleh peneliti ke dalam bahasa Indonesia. Program berlangsung selama satu (1) bulan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik uji hipotesis, content analysis, dan analisa deskriptif.

Pelatihan Happiness Program: Create Happiness efektif dalam meningkatkan happiness karena memenuhi tiga kriteria efektivitas yang telah ditentukan, yakni tercapainya tujuan pembelajaran program, terjadinya peningkatan skor happiness secara signifikan, dan terjadinya penurunan simptom depresi secara signifikan pada peserta program.

Rancangan program pelatihan Happiness Program yang disusun sudah sesuai sebagai rancangan program untuk mengukur pada tahap perilaku atau behavior level, karena setelah selesai mengikuti program, keseharian peserta menjadi lebih diisi oleh kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kebahagiaan yang telah mereka pelajari sebelumnya melalui program. Dengan kata lain peserta berhasil mentransfer hal-hal yang mereka pelajari di dalam program ke dalam kehidupan sehari-hari mereka.

 

Kata kunci: Happiness, Happiness Program



DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v4i1.4594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.