Pengaruh Pelatihan Moral Knowing Terhadap Peningkatan Moral Action Dalam Mendidik Anak

Annisa Karimah, Yuli Aslamawati, Susandari Susandari

Abstract


Moral merupakan dasar dari pembentukan karakter setiap anak. Dengan moral, anak memahami perilaku-perilaku benar yang harus dia lakukan sesuai dengan tuntutan lingkungan. Berdasarkan penelitian yang ada, sebagian besar siswa sekolah dasar saat ini kurang memiliki karakter positif dalam bertindak, sehingga tidak adanya tutuntunan dalam berperilaku. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya Pendidikan dari orang tua di rumah. Untuk mengurangi dampak tersebut, peneliti pelatihan moral knowing yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan quasi experiment dengan rancangan one group before after design, menggunakan alat ukur yang telah dibuat sedemikan rupa, yang merupakan turunan dari moral action yang dikembangkan oleh Lickona (2012). Menggunakan populasi sesuai dengan kriteria dalam proses pelatihan, telah diuji signifikansi wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan skor pre dan post test setelah diberikan intervensi moral knowing dalam meningkatkan moral action orang tua dalam mendidik anak.


Keywords


Moral Knowing; Moral Action; Nilai Moral.

Full Text:

PDF

References


Agochiya, D. (2002). Every Trainer’s Handbook. New Delhi: Sage Publications

Anonim. (2017). Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Astriayulita, A. (2017). Implementation with 2013 Curicullum for Early Chilhood Education (Study Descriptive in PAUD Taman Belia Candi Semarang 2016-2017). Semarang: Early Chilhood Education Paper, 6(1).

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berkowitz, M. W., et al. (2000). Early Character Development and Education. Marquette University Early Education and Development, 11(1).

Berkowitz, M. W., et al. (1998). Fostering Goodness: Teaching Parents to Facilitate Children’s Moral Development. Marquette University.

Dwiyanti, R. (2013). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Moral Anak (Teori Kohlberg). Purwokerto: Prosiding Seminar Nasional Parenting.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekoah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Khusus III, 16.

Lickona, T. (2016). Raising Your Child. New York: Times Company.

Manullang, B. (2013). Grand Design Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Noor, H. (2009). Psikometri Aplikasi Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Nurul, A. H. (2018). Pengaruh Pelatihan Psichological Empowerment dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Siswa SMA Negeri Tanjungsari. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Omrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Sisiwa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Puspa, A. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 7-8.

Setiawan, Deni. (2013). Peran Pendidikan Karakter dalam Mencerdaskan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Shaugnessy, Z., & Zechmeister. (2003). Research Methods in Psychology (6th Eds). New York: The McGraw Hill Internatioal Edition.

Siegel, S. (1989). Nonparametric Statistic. New York: McGraw Hill International Editions.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Walters, G. A., & Marks, S. E. (1981). Experiental Learning and Change: Theory, Design, and Practice. Canada: John Wiley & Sons.

Wiarsunu, T. (2002). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Yulandari, Y., et al. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksmalkan Peran Orang Tua. JMKSP, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.6575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723