Pengembangan Structural Equation Modeling pada Moderasi Kepribadian Terhadap Indeks Prestasi Dosen Menggunakan Metode Split (Score Factor)

Amelia Zeinita, Bambang Widjanarko Otok

Abstract


Tujuan suatu perguruan tinggi melakukan manajemen pendidikan adalah untuk menghasilkan
mahasiswa yang berkualitas dan mampu bersaing di segala bidang. Proses pembelajaran melibatkan
dosen sebagai faktor penting dalam kegiatan pembelajaran di instansi perguruan tinggi yaitu sebagai
transfer mahasiswa dengan dunia kerja. Dalam proses pembelajaran, dosen harus memiliki
kompetensi sebagai pendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini akan mengkaji pola hubungan
empat kompetensi dosen yang tercantum dalam UU RI no 14 tahun 2005, yiatu pedagogik,
profesional, sosial dan kepribadian. Metode analisis yang dipakai adalah Confirmatory Factor
Analysis (CFA) untuk mengkonfiirmasi indikator-indikator terhadap variabel laten, dan juga model
Moderating Structural Equation Modeling (MSEM) untuk mengetahui pengaruh moderasi
(kepribadian). Hasil penelitian adalah kepribadian sebagai variabel moderasi berpengaruh terhadap
hubungan antara kompetensi profesional dan sosial terhadap pedagogik.



DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v10i2.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License