Analisis Minat Masyarakat Terhadap Baitul Mal Watamwil di Kota Jambi
Abstract
Keberadaaan BMT ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam pengembagan
sektor ekonomi riil, terlebih bagi kegiatan usaha yang belum memenuhi segala persyaratan untuk
mendapatkan pembiayaan dari lembaga perbankan syariah. Perkembangan BMT di Kota Jambi
cukup lamban dari kurun waktu 1995 – 2012 tercatat hanya ada 14 BMT di kota Jambi dan hingga
saat ini hanya ada lima BMT saja yang aktif. Hal ini mengindikasikan bahwa peran BMT belum
mendapatkan tempat dihati masyarakat. Sehingga keberadaan dan kinerjanya belum terlalu optimal
untuk memberikan akses permodalan bagi UMK.Perkembangan BMT ditentukan oleh banyak faktor
antara lain pengetahuan masyarakat tentang BMT, sumber informasi masyarakat mengenai BMT,
pengetahuan masyarakat tentang bunga, dan minat masyarakat yang berkaitan dengan BMT.
Analisis regresi logistik menghasilkan bahwa hampir keseluruhan faktor mempengaruhi minat
masyarakat terhadap BMT. Faktor tersebut adalah Jenis Pekerjaan, Tingkat Pendidikan, tingkat
penghasilan, tingkat pengeluaran, dan pandangan terhadap bunga sama dengan riba. Sedangkan
faktor Pengetahuan tentang keberadaan BMT merupakan faktor yang tidak berhubungan secara
signifikan terhadap BMT.
sektor ekonomi riil, terlebih bagi kegiatan usaha yang belum memenuhi segala persyaratan untuk
mendapatkan pembiayaan dari lembaga perbankan syariah. Perkembangan BMT di Kota Jambi
cukup lamban dari kurun waktu 1995 – 2012 tercatat hanya ada 14 BMT di kota Jambi dan hingga
saat ini hanya ada lima BMT saja yang aktif. Hal ini mengindikasikan bahwa peran BMT belum
mendapatkan tempat dihati masyarakat. Sehingga keberadaan dan kinerjanya belum terlalu optimal
untuk memberikan akses permodalan bagi UMK.Perkembangan BMT ditentukan oleh banyak faktor
antara lain pengetahuan masyarakat tentang BMT, sumber informasi masyarakat mengenai BMT,
pengetahuan masyarakat tentang bunga, dan minat masyarakat yang berkaitan dengan BMT.
Analisis regresi logistik menghasilkan bahwa hampir keseluruhan faktor mempengaruhi minat
masyarakat terhadap BMT. Faktor tersebut adalah Jenis Pekerjaan, Tingkat Pendidikan, tingkat
penghasilan, tingkat pengeluaran, dan pandangan terhadap bunga sama dengan riba. Sedangkan
faktor Pengetahuan tentang keberadaan BMT merupakan faktor yang tidak berhubungan secara
signifikan terhadap BMT.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v13i1.1071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Notice
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.