Kinerja Sektor Industri Kota Bandung Berdasarkan Analisis Shift Share pada Model Input Output

Teti Sofia Yanti

Abstract


Tabel Input Output disusun untuk keperluan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang bersifat menyeluruh baik skala nasional maupun skala yang lebih kecil (tingkat kabupaten/kota), model pendekatan perencanaan pembangunan wilayah dapat menggunakan model analisis input-output. Pembangunan Kota Bandung merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan Jawa Barat bahkan nasional, dalam rangka mencapai sasaran pembangunan yang disesuaikan dengan potensi dan permasalahan pembangunan di daerah. Di bidang ekonomi, Kota Bandung harus mampu memobilisasi serta mengelola produksi, alokasi dan distribusi berbagai sumberdaya yang dimilikinya sehingga menghasilkan produk unggulan yang memiliki keunggulan daya saing komparatif maupun kompetitif, baik untuk pasar lokal, regional, nasional bahkan internasional. Melalui analisis shift share dalam model input ouput, kinerja sektor ekonomi Kota Bandung dibandingkan dengan tingkat provinsi dapat terlihat.


Keywords


model input output, Analisis shift share, keterkaitan antar sektor, klasifikasi industri, sektor unggulan.

References


Amir, Hidayat, dkk. (2005). Jurnal Keuangan Dan Moneter. Analisis Sektor Unggulan Untuk Evaluasi Kebijakan Pembangunan Jawa Timur Menggunakan Tabel Input-Output 1994 Dan 2000. Departemen Keuangan RI . Edisi Desember 2005.

BPS Kota Bandung. (2010). Tabel Input Output Kota Bandung Tahun 2008. BPS Kota Bandung.

BPS dan Bapeda Jawa Barat. (2010). Tabel Input Output Kota Bandung 2010. Bandung.

Pemerintah kota Bandung (2013) Visi dan Misi Walikota Bandung Tahun 2013-2018 diunduh tanggal 10 Juli melalui standarpelayanan.bandung.go.id/.../fe9ba982d4a0a9b1745c75354f...

Nazara, Suahasil (2005). Analisis Input-Output. Edisi Kedua. LP-FEUI. Jakarta

Ronald E, Miller and Peter D. Blair. (1985). Input-Output Analysis, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.