PENGUJIAN ASOSIASI TIPE WILAYAH DENGAN KUALITAS ANGKATAN KERJA YANG BEKERJA DI PROVINSI BENGKULU

Rey Ronald Purba

Abstract


Provinsi Bengkulu merupakan provinsi termiskin di Pulau Sumatera. Peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Salah satu tolak ukur untuk melihatnya adalah tingkat kemiskinan disuatu daerah. Provinsi Bengkulu sebagai salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Indonesia harus dapat menanggulangi permasalahan tersebut. Ketenagakerjaan dianggap merupakan salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan. Untuk melihat apakah kebijakan yang diambil pemerintah sudah tepat dalam meningkatkan kualitas dan pemerataan penyerapan tenaga kerja, perlu dilihat apakah ada hubungan (asosiasi) antara tipe wilayah (perdesaan dan perkotaan) dengan kualitas angkatan kerja (terdidik dan tidak terdidik) dari penduduk yang bekerja di Provinsi Bengkulu. Menggunakan Uji Beda Peluang, Uji Resiko Relatif, Uji Odds Ratio dan Uji Independensi (Chi Square)  didapat bahwa memang terdapat hubungan (asosiasi) dari kedua variabel tersebut.


Keywords


Karakteristik Wilayah, Kualitas angkatan kerja,, Uji Statistik

Full Text:

PDF

References


Agresti, Alan. 2007. An Introduction to Categorical Data Analysis, Second Edition. John Wiley&Sons Inc, USA.

Aprianto, Dharfan dan Khairrunnisa, Ulfah. 2013. Hubungan sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Pendidikan dan Pengangguran Terbuka di Indonesia. Proceeding PESAT, Vol 5.

Badan Pusat Statistik [BPS] Provinsi Bengkulu. 2015. Keadaan Angkatan Kerja di Provinsi Bengkulu agustus 2015. Bengkulu: Perum Percetakan Negara RI.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2016. Penghitungan dan Analisis Kemiskinan Makro Indonesia 2016. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2016. Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota Tahun 2015. Jakarta: BPS.

Octaviani, Dian. 2001. Inflasi, Pengangguran, dan Kemiskinan di Indonesia: Analisis Indeks Forrester Greer & Horbecke. Media Ekonomi, Hal. 100- 118, Vol. 7, No. 8.

Perry GE, Arias OS, Lopez JH, Maloney WF, Serven L. 2006. Poverty Reduction and Growth: Virtuous and Vicious Circles. New York: World Bank .

Rusdarti dan Lesta. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Economia, Volume 9, Nomor 1.

Todaro, M.P., dan Smith, S.C.. 2011. Pembangunan Ekonomi, Edisi kesebelas, Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Yacoub, Yarlina. 2012. Pengaruh Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal EKSOS Vol 8, hal 176-185.




DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v18i2.4208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License