Analisis Korespondensi Berganda terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Masyarakat kepada Calon Bupati/Wakil Bupati

Munawar Munawar, Marzuki Marzuki, Hafnani Hafnani, Muhammad Iqbal

Abstract


Analisis korespondensi berganda merupakan teknik analisis multivariat untuk melihat hubungan kedekatan beberapa variabel tidak bebas katagorik. Penelitian bertujuan menggunakan analisis ini untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan masyarakat terhadap salah satu kandidat pasangan calon kepala daerah di salah satu kabupaten di Aceh pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018. Data yang digunakan merupakan hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei di Banda Aceh. Jumlah sampel adalah sebanyak 890 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling dan desa sebagai strata. Variabel yang dikaji sebanyak lima, yaitu usia, pendidikan terakhir, pekerjaan utama, dan pasangan calon yang dipilih serta alasan memilihnya. Pasangan calon kepala daerah yang menjadi pilihan adalah sebanyak 4 pasangan. Variabel yang mempengaruhi adalah pendidikan terakhir pemilih dan faktor yang menarik dari kandidat bagi pemilih. Dua variabel lain, yaitu usia dan pekerjaan pemilih tidak berhubungan dengan pilihan masyarakat terhadap pasangan calon. Pasangan calon yang terpilih disebabkan 4 faktor yaitu sering berinteraksi dengan rakyat, berkomitmen terhadap ekonomi kerakyatan, visi, misi, dan program bagus, dan faktor lainnya.

Keywords


analisis korespondensi, kepala daerah, pemilihan umum

References


Jonshon, A. and Wichern, W. D. 1988. Applied Multivariate Statistical Analysis. Prentice - Hall International Inc. New Jersey.

Kesuma, Z. M., Rusdiana, S., Rusyana, A., Rahayu, L., dan Rosadi, R. 2019. Aplikasi Analisis Korespondensi Berganda terhadap Status Gizi Remaja di Kota Banda Aceh. Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 47, No. 1, Hal. 47-54. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta.

Marzuki dan Hafnani. 2014. Kajian tentang Jumlah Kuadrat dan Hasil Kali dalam Analisis Varians Multivariat. Jurnal Gradien, Vol. 10, No. 2, p. 996-999. FMIPA Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Mattjik, A. A dan Sumertajaya I. M. 2011. Sidik Peubah Ganda dengan Menggunakan SAS. Departemen Statistika IPB. Bogor.

Rencher, C. A. 2002. Methods of Multivariate Analysis Second Edition. A John Wiley and Sons, Inc. Publication. New Jersey.

Spiegel, R. M. 1996. Teori dan Soal-soal Statistika Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v19i2.4898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License