STATISTIKA KONTEKSTUAL-ISLAMI: MENUJU KE ARAH BARU PEMBELAJARAN STATISTIKA YANG ISLAMI

Mohammad Asikin

Abstract


Statistika kontekstual-islami (TIKOMI) didesain untuk mengembangkan potensi anak secara menyeluruh. TIKOMI
adalah statistika yang diajarkan disekolah dengan menempatkan realitas dan lingkungan sekitar kehidupan siswa sebagai titik
awal pembelajaran. TIKOMI mempunyai 5 karakteristik yakni: menggunakan masalah konteksual, menggunakan model,
menggunakan kontribusi siswa, interaktivitas yang tinggi, dan terintegrasi (intertwining). Muatan keislaman ada pada setiap
karakteristik tersebut, realitas dan lingkungan yang diangkat dalam permasalahan dipilih berdasarkan sejauh mana kontribusinya
dalam mengemban amanat agama. TIKOMI merupakan terobosan baru, yang memberikan arah baru dalam pembelajaran
statistik disekolah, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Diharapkan pembelajaran statistika dengan pendekatan TIKOMI ini
dapat memotivasi siswa dan mampu mendidik para siswa tumbuh menjadi orang-orang yang mampu berpikir secara mandiri dan
kreatif, berkepribadian mandiri, agamis, dan mempunyai kemampuan dan keberanian dalam menghadapi masalah-masalah dalam
kehidupan mereka. Dan secara khusus dapat memacu minat para siswa agar gemar statistika, serta dapat memberikan kontribusi
dalam peningkatan kualitas keislaman mereka



DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v3i1.539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License