PENGGUNAAN ANALISIS KONJOIN DALAM PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK HANDLE LEVER
Abstract
Dalam bidang riset pemasaran seringkali ditemukan masalah bagaimana mendesain suatu produk/jasa baru yang banyak
diminati konsumen. Secara umum dalam perancangan suatu produk produsen dituntut untuk bisa memproduksi suatu
produk yang banyak diminati konsumen dalam upaya pemenuhan kepuasannya dengan tetap memperhatikan pertimbangan
keuntungan yang akan diperolehnya. Analisis konjoin merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk
menterjemahkan keinginan konsumen kedalam prioritas syarat-syarat teknis produk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui secara langsung keinginan konsumen terhadap produk Handle Lever (rem tangan) sepeda motor serta
menterjemahkannya kedalam syarat-syarat teknis yang harus diprioritaskan penanganannya oleh perusahaan selaku
produsen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil survey terhadap 100 konsumen pengguna rem tangan
sepeda motor di daerah Bogor.
diminati konsumen. Secara umum dalam perancangan suatu produk produsen dituntut untuk bisa memproduksi suatu
produk yang banyak diminati konsumen dalam upaya pemenuhan kepuasannya dengan tetap memperhatikan pertimbangan
keuntungan yang akan diperolehnya. Analisis konjoin merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk
menterjemahkan keinginan konsumen kedalam prioritas syarat-syarat teknis produk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui secara langsung keinginan konsumen terhadap produk Handle Lever (rem tangan) sepeda motor serta
menterjemahkannya kedalam syarat-syarat teknis yang harus diprioritaskan penanganannya oleh perusahaan selaku
produsen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil survey terhadap 100 konsumen pengguna rem tangan
sepeda motor di daerah Bogor.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v4i2.888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Notice
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.