Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa SDN 106195 Pulau Gambar Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai
Abstract
Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan subjeknya adalah guru PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan beberapa cara guru PAI dapat menggunakan kreativitasnya untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Alquran siswanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan termasuk dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa guru kreatif PAI dapat membantu siswa yang belum paham atau bahkan tidak tahu huruf hijau. Kreativitas yang telah dilakukan oleh guru PAI SDN 106195 Pulau Gambar sebagai berikut: Pertama, mengajar dengan bermain, Contohnya membuat sebuah kelompok belajar tentang hutuf hijayyah kemudian menebak huruf hijayyah dalam potongan ayat Al-Qur’an yang ditanyakan oleh guru setelah itu kelompok yang paling banyak menjawab pertanyaan mendapat reward/hadiah misalnya nilai plus, snack kecil, ataupun uang yang membuat anak senang dan mau berpartisipasi dalam belajar. Kedua, mengajar dengan media sosial, di era perkembangan zaman sekarang belajar melalui media sosial menjadi salah satu cara yang efektif untuk siswa lebih memahami pelajaran. Misalnya ingin mengetahui cara membaca surah an-nas dengan makhrajul huruf yang pas bisa melalui audio suara ataupun video seorang qori membaca Al-Qur’an dengan begitu siswa bisa mendengar dan mengikuti cara membacanya. Ini juga guru PAI berharap agar dihimbau lagi kepada komite sekolah agar mengeluarkan fasilitas yang sangat mendukung agar siswa makin semangat dalam belajar. Ketiga, mengajar dengan menggunakan media gambar, selain dari buku yang disediakan sekolah, guru yang kreatif harus punya cara agar siswanya semakin semangat belajar apalagi untuk taraf anak SD ketika guru menjelaskan belum tentu mereka mau mendengar apalagi disuruh membaca secara monoton pasti mereka bosan makan dari itu guru PAI membuat media gambar dari kertas origami ataupun karton kemudian dibentuk menjadi huruf-huruf hijayyah ataupun bacaan dari sebagian ayat Al-Qur'an. Kreatifitas guru PAI ini dapat membantu Siswa yang tidak memahami atau bahkan tidak tahu huruf hijaiyah untuk memahaminya dan mulai menggunakannya baik dalam membaca maupun menulis Al-Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antika, C. R. 2019. Tingkat Kreativitas Siswa dan Implikasinya terhadap Program Pengembangan Kreativitas. Jurnal Pendidikan
Astuti, Aziz. 2019. Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan
Baharun, Hasan, Robiatul Awwaliyah. 2019. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam
Faisal Abdullah. 2015. Bakat dan Kreativitas. Palembang
Fajriani, D. 2019. Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3 (2), 179–187
Isnawati, Samian. 2015. Kemandirian Belajar ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E. 2020. Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Warga Desa. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3 (1), 59–74
Kementarian Agama. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI
Khasanah. 2019. Perbedaan Saturasi Oksigen dan Respirasi Rate Pasien. Jurnal Imu Keperawatan
Maulidiyah, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III Di SDN Lambangkuning Probolinggo. Competitive: Journal of Education, 2(2), 81-93.
Rogers. 2016. Kreativitas dalam Prespektif Teori Humanistik Rogers dan Relevansinya dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah
Setiawan, A. A. Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher)
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29–39
Yanti, N., & Nursyamsi, N. 2020. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional: Telaah Mengenai UU NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. AL MAU’Izhah, 10 (1)
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.