Memahami Komunikasi Antarbudaya

Ema Khotimah

Abstract


Setiap hari, setiap dari kita berkomunikasi. Tetapi, tidak dengan sendirinya setiap orang akanterampil melakukan komunikasi yang efektifdengan orang lain. Terlebih, bila orang yang terlibat dalam komunikast itu berbeda budaya. Sejarah telah membuktikan, dari masa Ice masa, kesalahpahaman memahami pesan, perilaku .atau peristiwa komunikasi; telah menyebabkan suasana yang tidak diharapkan, mulai dari penilaian yang merendahkan terhadap orang lain, cemoohan; cercaan, isolasi, sampai kepada tindakan-tindakan kekerasan. Bahkan, beberapa peperangan antarbangsa; antamegara, dan antarsuku, diakibatkan perbedaan dan kekeliruan dalam mempersepsi pesan, perilaku, dan peristiwa komunikasi. Oleh karena itu, kajian komunikasi antarbudaya sangat relevan dengan berbagaipersoalan kekinian, di mana setiap orang, disengaja atau tidak; suka atau tidak; akan semakin intensifterlibat dalam kontak sosial dengan orang-orangyang berbeda budaya.

Keywords


komunikasi antarbudaya

References


Ali, Lukman, et.al, Kamus BesarBahasa Indonesia, Edisi ke-2, Jakarta: Balai Pustaka, 1996.

Doman,Jim& JohnC.Maxwell, StrategiMenuju Sukses, Jakarta: Network Twenty One, 1998.

Doman,Jim, The Power of Partnership (Kekuatan Kemitraan), Jakarta: Network Twenty One, 1998.

Giblin,Les, Cara Memiliki Keyakinan dan Kekuasaan dalam Berurusan dengan Orang Lain, Jakarta:Mitra Utama, 1995.

Gudykunst, William B, & Young YunKim, Communicating with Strangers: an Approach to Intercultural Communication, Edisi ke-2, New York: McGraw-HiII.lnc, 1992.

Mulyana, Deddy & Jalaluddin Rakhmat, Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

Samovar, Larry A., Richard E.Porter & Nemi C. Jain, Understanding Interculture Communication, California, Wards Worth Publishing Company, 1981.

Tubbs, Stewart L& Sylvia Moss, Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi, Buku Pertama, Editor dan Penterjemah Deddy Mulyana, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v1i1.680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License