Komunisme Sebuah Utopia dalam Era Globalisasi: Tinjauan Historis terhadap Pemikiran Karl Marx

Nasrullah Nazsir

Abstract


Kehancuran negara-negara berhaluan komunis pasca Perang Dingin menyebabkan keabsahan ideologi komunis yang digagas Marx dipertanyakan kembali. Kendati demikian, hancurnya pemerintahan negara-negara komunis tersebut tidak berarti matinya komunisme. Banyak pemikiran baru muncul mereinterpretasi gagasan Marx berlandaskan pada kritik dan otokritik yang dilakukan sejumlah Marxis, mulai dari Friedrich Engels yang hidup sezaman dengan Marx, hingga Marxis-Marxis sesudahnya seperti Herbert Marcuse, Roger Garaudy, Jurgen Habermas dan T.W. Adorno. Disimpulkan, Marxisme sebagai sebuah gerakan pemikiran tidak akan pernah mati, karena akan selalu diinterpretasi untuk menjawab tantangan zaman dewasa ini, yang masih ditandai oleh saratnya permasalahan manusia, alienasi, ketimpangan, ketidakadilan, dan berbagai penyakit masyarakat lainnya. Dalam konteks masa kini, paham Marxis bertransformasi menjadi multimuka Marxisme yang menawarkan gagasan-gagasan segar, sekaligus kontroversial seperti Gerakan New Left dan usulan kerjasama antara kaum agamis dan komunis dalam Teologi Pembebasan Amerika Latin.

Keywords


Komunis, karl marx

References


Dahrendorff, Ralf. 1987. Konflik dan Konflik dalam Masyarakat Industri Sebuah Kritik Sosial. Bandung: Penerbit Rajawali.

Djilas, Milovan. 1963. Percakapan dengan Stalin. Bandung: Penerbit Kiwari.

Hosking, G. 1985. A History of the Soviet Union. Fontana Press.

Kamenka, E. 1983. The Portable Karl Marx. Penguin Book.

Marx, K. dan F. Engels. 1964. Manifesto Partai Komunis. Jakarta: Djadjasan Pembaru.

_____. 1965. Tesis Mengenai Feurbach. Tucker, Robert C. (ed.). 1976. The Marx-Engels Reader. New York, London: N.W. Norotan and Co.

Sumber Ensiklopedia (Terjemahan) Dis Lit Bang MASKOM Kopkam. Tik, 1978. Sosialisme, Marxisme dan Komunisme.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i2.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License