Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Implikasinya Terhadap Makro Ekonomi Indonesia

Muhardi Muhardi

Abstract


Adanya lonjakan harga minyak dunia dinilai berpengaruh nyata terhadap kondisi ekonomi di Indonesia. Harga minyak yang tinggi ternyata tidak menguntungkan perekonomian negara mana pun di Asia, termasuk Indonesia. Kenaikan harga BBM di Indonesia selain disebabkan oleh tingginya kenaikan harga minyak dunia, juga dikarenakan adanya under supply dalam negeri jika dibandingkan dengan demand-nya. Besarnya subsidi BBM seperti di Indonesia ini yang dapat menguras anggaran belanja negara, dinilai juga sebagai alasan bagi pemerintah untuk menaikkan harga BBM di tanah air. Dampak yang terjadi, bagi berbagai sektor industri dapat menyebabkan tingginya biaya produksi dan operasi. Lebih dari itu, tentunya dengan kenaikan harga BBM ini pula, akan berimplikasi secara eksponensial terhadap fundamental makro ekonomi Indonesia. 

Keywords


Harga BBM; Makro Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Aziz, M.Amin. 2005. Implementasi Kegiatan Pembiayaan Mikro Berbasis Syariah dalam Penanggulangan Kemiskinan. Makalah Seminar dan Simposium Nasional dalam Rangka Milad Unisba ke-47, dengan Tema: “Peranan Pembiayaan Mikro Berbasis Syariah dalam Pengentasan Kemiskinan”. Bandung: Universitas Islam Bandung.

BusinessWeek. 2005. Edisi Indonesia No.16/lV/28 September. Jakarta: PT Indomedia Dinamika dan The McGraw-Hill Companies, Inc.

Ekspos. 2005. Edisi No. 04/l/September. Jakarta: PT. Eksposcitra Indonesia.

Hatta, Mohammad. 2004. Demokrasi Kita: Idealisme & Realitas serta Unsur yang Memperkuatnya. Jakarta: Balai Pustaka.

Jones, Gareth R. dan Jennifer M. George. 2003. Contemporary Management. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Marthon, Said Sa’ad. 2004. Al-Madkhal Li al-fikri Al-Iqtishaad fi al-Islaam. Diterjemahkan oleh Ahmad Ikrom dan Dimyauddin. Ekonomi Islam di Tengah Krisis Ekonomi Global. Jakarta : Penerbit Zikrul Hakim.

Pikiran Rakyat. 2005. Bandung: PT. Percetakan Offset “GRANESIA”.

Samuelson, Paul A dan William D. Nordhaus. 2004. Macroeconomics. Dialih Bahasakan oleh Gretta, Theressa Tanoto, Bosco Carvallo, Anna Elly. Ilmu Ekonomi. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.

Swasono, Sri-Edi. 2005. Menolak Menjadi Negara Preman. Bandung: PT. Percetakan Offset “GRANESIA”.

Swasono, Sri-Edi.. 2003. Ekspose Ekonomika: Globalisme, dan Kompetensi Sarjana Ekonomi. Yogyakarta : Pusat Studi Ekonomi Pancasila (Pustep)-UGM.

Warta Ekonomi. 2005. Edisi No 17/XVll/22 Agustus. Jakarta: PT. Obor Sarana Utama.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i4.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License