PENYELESAIAN HUKUM KREDIT UMKM YANG WANPRESTASI (Studi Kasus di Bank BRI Kota Tasikmalaya)
Abstract
Permasalahan kredit diawali dari kualitas analisa kredit. Analisa yang baik menghasilkan kualitas kredit yang baik. Namun demikian dalam pemberian kredit, analisa kredit yang baik pun dapat terjadi wanprestasi dikarenakan faktor bisnis dan hal-hal yang diluar kendali bisnis (Force Major). Kredit yang wanprestasi harus segera diselesaikan melalui penyelesaian kredit. Penyelesaian Hukum Kredit UMKM di BRI Tasikmalaya dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu: Restrukturisasi Kredit, Penyelesaian Kredit dibawah tangan dan Penyelesaian Kredit melalui Saluran Hukum. Penyelesaian Kredit UMKM melalui saluran hukum dilaksanakan dengan Gugatan Sederhana ke Pengadilan Negeri dan Parate Eksekusi melalui Lelang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djumhana, Muhammad, 1993, Hukum Perbankan di Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Fahmi, Irham dan Yovi Lavianti Hadi. 2010. Teori Portofolio dan Analisis. Investasi. Bandung : Alfabeta
Hadiwijaya, Rivai. Wirasasmita, 2013, Analisis Kredit, Bandung: CV. Pionir. Jaya
Ikatan Akuntansi Indonesia, 2007, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat
Kasmir, Dasar-dasar Perbankan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Kasmir, Manajemen Perbankan, Edisi Revisi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Imaniyati, Neni Sri. Hukum Perbankan: Untuk Linglungan Sendiri. Bandung: Fakultas Hukum Unisba, 2008.
Imaniyati, Neni Sri. Jurnal: Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Sengketa Klaim Asuransi. Jurnal Hukum Bisnis Volume 30 No 1 Tahun 2011.
Imaniyati, Neni Sri. Jurnal: Asas dan Jenis Akad dalam Hukum Ekonomi Syariah: Implementasinya pada Usaha Bank Syariah. Jurnal Hukum MIMBAR, Volume 28 Tahun 2011.
http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt50294244defee/langkah-langkah-penyelesaian-kredit-macet tanggal akses 23/04/2018
https://kepaniteraan.mahkamahagung.go.id/.../1199-perma-nomor-2-tahun-2015. tanggal akses 23/04/2018
farid-wajdi.com/detailpost/uu-jaminan-fidusia-dan-perlindungan-konsumen. tanggal akses 23/04/2018
Hasil Wawancara dengan Suyud Munawarih, Asisten Manajer Pemasaran Kredit pada 22/04/2018
DOI: https://doi.org/10.29313/aktualita.v1i2.4042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Akualita : Jurnal Hukum diindeks oleh: