ANALISIS YURIDIS PENERAPAN DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DIHUBUNGKAN DENGAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 4 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN DIVERSI DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK

yusuf luqita danawiharja

Abstract


Penanganan anak yang berkonflik dengan hukum seringkali disamakan dengan penanganan orang dewasa yang melakukan tindak pidana. secara yuridis di Indonesia, perlindungan hukum terhadap anak dapat dijumpai di berbagai peraturan perundang-undangan. Semua peraturan perundang-undangan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan, melindungi hak-hak anak untuk mewujudkan keadilan bagi anak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi Penelitian, penelitian ini bersifat deksriptif analitis. Jenis data, yaitu data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan (Library Research) terhadap data sekunder. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode normatif kualitatif.  Hasil dari penelitian ini ialah. Pertama, Penerapan diversi terhadap anak baik pada tingkat Penyidikan, Penuntutan dan Peradilan dapat dilaksanakan selama memenuhi persyaratan, sebagaimana diatus dalam Pasal 7 angka 2 Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak dan sesuai dengan Perma Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak yang menyatakan bahwa diversi dapat dilaksanakan dalam hal tindak pidana yang dilakukan dengan diancam pidana penjara di bawah 7 (tujuh) tahun dan bukan merupakan pengulangan tindak pidana. Kedua, Kendala Implementasi Diversi dalam penanganan tindak pidana yang dilakukan oleh anak, dimana korban merasa haknya tidak dilindungi karena tersangka diberikan keistimewaan dalam proses hukum. Adapun pihak korban dan keluarganya dalam hal ini beranggapan bahwa pelaksanaan hukum cenderung berat sebelah dan memihak kepada tersangka. 


Keywords


Anak Berhadapan Dengan Hukum, Diversi, Peradilan Pidana

Full Text:

PDF

References


Data dari Satuan Reserse Kriminal Kabupaten Cirebon

Dey Ravena dan Kristian. Kebijakan Kriminal (Criminal Policy). Kencana. Jakarta. 2017.

DS. Dewi, “Restorative Justice, Diversionary Schemes and Special Childrens’s Courts in Indonesia”, http://www.kemlu.go.id/canberra/Lists/LembarInformasi/Attachments/61/Restorative%20Justice,%20Diversionary%20Schemes%20and%20Special%20Children%E2%80%99s%20Courts%20in%20Indonesia.pdf, diakses 2 November 2019.

ejurnal.bunghatta.ac.id. di akses pada 16 November 2019.

Gatot Supramono. Hukum Acara Pengadilan Anak. Djambatan. Jakarta. 2007.

Hadi Supeno “Konstruksi Kekerasan Terhadap Anak,” majalah Warta KPAI, Edisi II, 2008.

Hadi Supeno, Kriminalisasi Anak, Tawaran Gagasan Radikal Peradilan Anak Tanpa Pemidanaan, (Jakarta: PT. Gramedia, 2010).

Lembaga Bantuan Hukum Jakarta. Mengawal Perlindungan Anak Berhadapan Dengan Hukum. Jakarta. Lembaga Bantuan Hukum. 2012.

Nandang, Sambas. Pembaharuan Sistem Pemidanaan Anak di Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Primasari Lushiana. Keadilan Restoratif dan Pemenuhan Hak Asasi Bagi Anak yang Berhadapan dengan Hukum. Serial online 8 Oktober 2012 available from : URL: http:Keadilan-Restoratif-Dan-Pemenuhan-Hak-Asasi-Bagi-Anak-Yang-Berhadapan-Dengan-Hukum.com.

Prinst Darwan. Hukum Anak Indonesia. PT Citra Aditya. Bandung. 1993.

Setya Wahyudi. Implementasi Ide Diversi Dalam Pembangunan Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia.. Genta Publishing. Yogyakarta. 2011.

Supriyadi W. Eddyono, Pengantar Konvensi Hak Anak, (Jakarta: ELSAM, 2005.

www.mahkamahagung.go.id diakses 2 November 2019

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Perma Nomor 4 Tahun 2014 Tahun 2014 Tentang pedoman pelaksanaan diversi dalam sistem peradilan pidana anak




DOI: https://doi.org/10.29313/aktualita.v0i0.6325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Akualita : Jurnal  Hukum diindeks oleh: