FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKKI DALAM MENYALURKAN ZAKAT MELALUI LEMBAGA AMIL ZAKAT

Riska Satia Wardhani, Dewi Rahmi, Westi Riani

Abstract


Paper ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki dalam menyalurkan zakat ke LAZ Rumah Zakat. Kemiskinan merupakan masalah yang terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia. 90 persen penduduk Indonesia merupakan beragama Islam. Apakah masalah kemiskinan di Indonesia dapat selesai dengan hanya menggunakan dana APBN? Apakah zakat dapat memberikan solusi terhadap masalah kemiskinan di Indonesia? Jika iya, kepada siapakah zakat perlu disalurkan melalui perorangan ataukah melalui lembaga? Apakah kelebihan masing-masing metode tersebut? Dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki memilih untuk menyalurkan zakatnya melalui lembaga amil? Paper ini mencoba untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Berdasarkan survey lapangan terhadap 68 responden dengan menggunakan teknik analisis deskriftif kuantitatif diperoleh dua faktor utama yang mempengaruhi muzakki dalam menyalurkan zakat ke LAZ Rumah Zakat yakni faktor internal dan faktor eksternal. Terdapat lima faktor internal dan yang paling dominan adalah faktor religiusitas. Sementara itu terdapat empat faktor eksternal dan yang paling dominan ialah prinsip fhatanah.


Full Text:

PDF

References


Akbar, W. J. 2008. Akuntabilitas Keuangan. Skripsi, 9.

Antariksa, M. F. 2009. Preferensi Muzakki Dalam Menyalurkan Zakat. Skripsi, 34-36.

Asyaria, K. 2015. Preferensi Dan Keputusan Muzakki Dalam Menyalurkan Zakat Profesi Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah, 2.

Badan Pusat Statistika. 2016. Presentase Penduduk Miskin di Indonesia 2011-2015. Retrieved from Badan Pusat Statistika: http://bps.go.id

Daniri, M. A. 2005. Good Corporate Governance: konsep dan penerapannya dalam konteks Indonesia. Skripsi, 23.

Fadillah, S. 2011. Pengaruh Implementasi Pengendalian Intren dan Total Quality Management Terhadap Penerapan Good Governance. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh, 2-3.

Fakhrus, N. 2016. Penerapan dan Pengembangan Prinsip-Prinsip Syariah dalam Lembaga Keuangan. Retrieved from Prinsip-Prinsip Syariah dalam Lembaga Keuangan:

Gilbert A. Chuchill, J. 2001. Dasar-dasar Riset Pemasaran (Terjemahan). Wisconsin: Erlangga.

Husein, M. F. 2012. Menata Ulang Sistem Zakat. Jurnal Ekonomi Islam.

Jumaizi. 2011. Good Governance Badan Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Dan Dampaknya Terhadap Keputusan dan Loyalitas Muzakki. Majalah Ilmiah Informatika Vol. 2 No. 3.

Kahmad, D. 2009. Sosiologi Agama. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasar : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Prentiece Hall: Selemba Empat. Retrieved Januari 12, 2016.

Kuncaraningsih, H. S. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Keputusan Muzakki Badan Amil Zaat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi.

Makhtaf, A. A. 2013. Teori Konsumsi. Retrieved from Economics And Developments Studies: https://iespuinjkt2012.wordpress.com/2013/11/30/teori-konsumsi-hahslm/

Mardan, A. 2014. Zakat Tidak Melalui Lembaga Amil Zakat. Retrieved from LAZNAS Cehevron Indonesia: http://www.laznaschevron.org/zakat-tidak-melalui-lembaga-amil-zakat/

Mokhlis, S. 2009. Relevancy and Measurement of Religiosity in Costumer Behavior Research. International Business Research Vol. 2 No. 3, 75-84.

Mufraini, A. 2006. Akuntansi dan Manajemen Zakat, Mengkomunikasikan Kesadaan dan Membangun Jaingan. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Mus'ab, A. 2011. Pengaruh Religiusitas, Tingkat Penghasilan dan Layanan Terhadap Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Maal di LAZIS NU. Skirpsi.

Purbasari, A. R. 2010. Materi Fiqh. Bandung: MHedia Pustaka.

Republika. 2014. Perkembangan Lembaga Amil Zakat. Retrieved from Republika: http://republika.com

Rianse, U. 2012. Metodelogi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabetha.

Rouf, M. A. 2011. Analisis faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Semarang. Skripsi.

Salis, N. F. 2007. Penerapan dan Pengembangan Prinsip-Prinsip Syariah dalam Lembaga Keuangan Syariah.

Salvatore. 1997. Teori Mikroekonomi, Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, N. J. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2015. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syafitri, D. P. 2014. Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Donatur Baitul Maal Hidayatullah Vabang Kediri . Jestt Vol. 1 No. 2 , 141-142.

Syalabi, A. 1994. Sejarah Kebudayaan Islam, terj Mukhtar yahya (cet VII; hal 144). . Jakarta: Mutiara.

Undang-Undang RI. 1999. UU No. 38 Tentang Pengelolaan Zakat. Pemerintah Indonesia. Jakarta.

Yenny. 2013. Prinsip-Prinsip Good Governance. e-journal, 198.

Zakat, R. 2016. Profil Rumah Zakat. Retrieved from Rumah Zakat: http://www.rumahzakat.org




DOI: https://doi.org/10.29313/.v11i1.6303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: 


Copyright of Dinamika Ekonomi: Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan (ISSN 1693-0606 | E-ISSN 2598-6287 )


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.