PENGEMBANGAN MODEL SERVICES QUALITY UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK INTERNAL DI PERGURUAN TINGGI

Nugraha Nugraha, Aswardi Nasution, Reni Amaranti

Abstract


Penelitian ini mengkaji kualitas layanan akademik internal pada Perguruan Tinggi, Penelitian ini menggabungkan, pendekatan teori/konsep,penelitian dan pengukuran kualitas layanan akademik perguruan tinggi, metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), Berdasarkan perhitungan Indeks Goodness of fit bahwa semua kriteria pengujian menunjukkan hasil yang baik. Pengujian model yang dilakukan menghasilkan konfirmasi yang baik atas dimensi – dimensi faktor dan hubungan kausalitas antar faktor. Dengan demikian model tersebut dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian faktor – faktor pembentukan kualitas layanan akademik adalah tampilan elemen fisik, empati, daya tanggap, kehandalan, jaminan serta pengelolaan. Sedangkan model yang diusulkan kualitas layanan akademik perguruan Tinggi adalah lingkungan fisik, kehandalan dalam layanan, daya tanggap, jaminan, empati, suasana akademik, sistem informasi serta pengelolaan.

Keywords


kualitas layanan, pengembangan model, service quality

References


Kotler, Philips, and Keller, Kevin Lane., (2009). Marketing Management ,Pearson, Prentice Hall.

Kusnendi. (2005). Konsep dan Aplikasi Model Persamaan Struktural (SEM) dengan Program LISREL 8, Bandung : Jurusan Pendidikan Ekonomi FPIPS.

Kusnendi. (2008). Model – Model Persamaan Struktural, satu dan Multigroup sampel dengan LISREL, Penerbit Alfabeta, Bandung.

http : /www.ban-pt depdiknas.go.id

http://pdpt.dikti.go.id/26 Juni 2015

Nugraha, (2011) Management of Quality Services in Higher Education. International Seminar on Improving the Quality of Student Achievement in Higher Education, Bangkok, Thailand.

Nugraha, (2011) Penerapan Dimensi Kualitas Pelayanan Dalam Mengukur Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Karya Ilmiah.Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Industrial Services 2011 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Nugraha, dan Reni (2012) Analisis Pengukuran Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Akademik Perguruan Tinggi Melalui Aplikasi Model Student Satisfaction Inventory (SSI) (Studi Kasus di Universitas Islam Bandung), Karya Ilmiah. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional SnaPP 2012 di LPPM Universitas Islam Bandung.

Nugraha, Reni dan Aswardi (2014) Pengembangan Model Student Satisfaction Inventory (SSI) Untuk Peningkatan Kualitas Layanan Akademik di Perguruan Tinggi, Karya Ilmiah. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional SnaPP 2014 di LPPM Universitas Islam Bandung.

Parasuraman, A., V.A. Zeithaml and L.L Berry (1985) “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research”, Journal of Marketing, Vol 49, Fall, pp. 41-50.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Indeks Kepuasan Masyarakat

Sallis, Edward. (1993). Total Quality Management in Education. New Jersey. Prentice – Hall.Inc. Engliwood Cliffs.

Sallis, Edward. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Penerbit IRCiSoD. Yogyakarta.

Sugiyono, (1999) Statistika Untuk Penelitian, Penerbit, CV Alfabeta, Bandung,.

Tjiptono, Fandy.,dan Chandra, Gregorious, (2005) Services, Quality dan Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Zeithaml, Valarie A., A. Pasuraman and Leonard L. Berry, (1990) Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectation, A Division of Macmillan Inc, New York.

Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary Jo., and Gremler, Dwayne D,, (2008) Service Marketing : Integrated Customer Focus Across the Firm, McGraw – Hill Education (UK) Limited.

Zeshan, et al (2010) Assessing Service Quality In Business Schools: Implications For Improvement.3rd International Conference on Assesing Quality in Higher Education, Lahore – Pakistan.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License