Kreasi Huruf Bentuk Binatang Sebagai Pengembangan Kreativitas Menggambar

Nova Kristiana

Abstract


Abstract. One of the demands in the curriculum of education in kindergarten today is Reading-Writing-Hitung (Calistung). Students began to be introduced with numbers and letters that kindergarten children are able to read and write early. The next demands are counting. Psychologically early childhood is an age that is still fond of the atmosphere of play and fun like singing, drawing or coloring, without being burdened with a heavy material. Submission of a monotonous material causes children to feel saturated, to play alone, talk and annoy other friends. This resulted in personal being lazy, disrespectful to teacher, and lack of learning concentration. One reason is the lack of teacher ability in teaching that pleases the students. One of the fun teaching methods is by drawing. The ability of the kindergarten teacher in drawing is limited, so often the method of learning in kindergarten seems static and less innovative, making it difficult to model examples of fun learning. To overcome the need for training by applying methods: 1) Development of drawing skills with workshop methods, 2) Development of the management of imagination 3). Demonstrate how to draw letter-based animals, from start to finish. Then the participants (Kindergarten Teacher) also demonstrated the steps accompanied by the Team and developed them into a book that can be used by other kindergarten teachers.

Keyword: calistung, drawing, animal letters.

Abstrak. Salah satu tuntutan dalam kurikulum pendidikan di TK saat ini adalah Baca-Tuli-Hitung (Calistung). Siswa mulai diperkenalkan dengan angka dan huruf supaya anak TK sudah mampu membaca dan menulis sejak dini. Tuntutan berikutnya adalah berhitung. Secara psikologis anak usia dini adalah usia yang masih gemar dengan suasana bermain dan bergembira seperti menyanyi, menggambar ataupun mewarnai, tanpa dibebani suatu materi yang berat. Penyampaian materi yang monoton menyebabkan anak-anak merasa jenuh, bermain sendiri, bicara dan mengganggu teman lainnya. Hal ini berakibat pribadi menjadi pemalas, tidak menghormati guru, dan kurangnya konsentrasi belajar. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kemampuan guru dalam mengajar yang menyenangkan siswa. Salah satu metode mengajar yang menyenangkan adalah dengan cara menggambar. Kemampuan Guru TK dalam menggambar terbatas, maka seringkali metode pembelajaran di TK terkesan statis dan kurang inovatif, sehingga sulit untuk memberikan contoh model pembelajaran yang menyenangkan. Untuk menanggulanginya perlu adanya pelatihan denganmenerapkan metode: 1) Pembinaan keterampilan menggambar dengan metode workshop, 2) Pembinaan pengelolaan imajinasi 3). Memeragakan cara menggambar binatang berbasis huruf, mulai dari awal sampai akhir. Kemudian peserta (Guru TK) juga memeragakan langkah-langkah tersebut dengan didampingi oleh Tim serta mengembangkannya hingg menjadi sebuah buku yang bisa digunakan oleh Guru-guru TK lainnya.

Kata Kunci: calistung, menggambar, huruf binatang.


Keywords


Creativity, drawing, animal letters.

Full Text:

PDF

References


Alice Alim, 2013, The Roles Of Pictures In Essay Writing. Universiti Malaysia

Basuki dan farida, 2001. Media Pembelajaran, Jakarta : Renika Cipta

Depdiknas Dirjen Dikti. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta

Hastuti, 1996. Media Pembelajaran, Jakarta: Renika Cipta

Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Rohani, Ahmad, 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana Prenada Media

Suriansyah dan Aslamiah, 2011, Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini, Banjarmasin, Comdes.

Suratno, 1990. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

_______, 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiona

Suwarna, 2005. Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Utami Munandar. 2009. Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License