Systematic Review: Kepuasan Pasien Gagal Ginjal terhadap Pelayanan di Unit Hemodialisis

Linda Susanti, Engkus Kusdinar Achmad

Abstract


Abstract. Patients satisfaction on a health service can be determined by their expectation to the service. If it is more than their expectation, they would be very satisfied. Patients who are satisfied will be loyal to the health care agency. This study aims to determine the relating factors of patient with kidney failure satisfaction on medical service during their stay in hemodialysis unit through systematic review article. The research method with systematic review is done by searching articles related to patient with kidney failure satisfaction on hemodialysis medical service which has been published in journals. The literature search was conducted in June to August 2017 through the UI online library and google scholar, then entered the online database list and selected the desired database. Journals are selected based on the inclusion and exclusion criterias through critical appraisal process. The result of systematic review of 4 published journals shows statistically there are factors that influence the level of patient satisfaction on hemodialysis unit service quality. Measuring the level of patient satisfaction can be a material evaluation of an organization in the improvement and development of service quality.

Keyword: patient satisfaction, renal failure, hemodialysis unit

Abstrak. Kepuasan pasien terhadap suatu pelayanan kesehatan, bahwa persepsi sesuai atau lebih dari yang diharapkan pasien, maka pasien akan merasa puas atau sangat puas. Pasien yang merasa puas akan loyal terhadap instansi pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan antara kepuasan pasien gagal ginjal selama pelayanan di unit hemodialisis melalui artikel review sistematik.  Metode penelitian dengan review sistematik dilakukan dengan mencari artikel yang terkait dengan kepuasan pasien gagal ginjal selama pelayanan hemodialisis yang sudah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal. Penelusuran literatur dilakukan pada bulan Juni - Agustus 2017 melalui perpustakaan online UI dan google scholar, kemudian masuk online database list dan memilih database yang diinginkan. Jurnal diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria ekslusi dilakukan proses critical appraisal.   Hasil dari sistematik review terhadap 4 jurnal yang sudah dipublikasikan menunjukkan secara statistik terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan unit hemodialisis. Pengukuran tingkat kepuasan pasien dapat menjadi bahan evaluasi suatu organisasi dalam perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan.

Kepuasan pasien, gagal ginjal, unit hemodialisis


Keywords


Kepuasan pasien, gagal ginjal, unit hemodialisis

Full Text:

PDF

References


Department of Health, U., Services, H., & for Disease Control, C. (2017). National Chronic Kidney Disease Fact Sheet, 2017. Retrieved from https://www.cdc.gov/diabetes/pubs/pdf/kidney_factsheet.pdf

Farouk Donia, A., Ahmed Elhadedy, M., Mohamed El-Maghrabi, H., Hamed Abbas, M., & Ashraf Foda, M. (2015). Exploring the Opinion of Hemodialysis Patients about Their Dialysis Unit. Saudi J Kidney Dis Transpl, 26(1), 73–77. Retrieved from https://remote-lib.ui.ac.id:6066/docview/1734239863/fulltextPDF/A1F950453AEB42C6PQ/104?accountid=17242

Kementerian Kesehatan RI. (2010). permen-kesehatan-nomor-812-menkes-per-vii-2010-penyelenggaraan-pelayanan-dialisis-pada-fasilitas-pelayanan-kesehatan.pdf.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, P dan K. L Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Mailani, F. (2015). Kualitas Hidup Pasien Penyakit Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis: Systematic Review. Ners Jurnal Keperawatan, 11(1), 1–8.

Palmer SC, de, & Berardis G, Craig JC, et al. (2014). Patient satisfaction with in-centre haemodialysis care: an international survey. BMJ Open, London, 1–9. Retrieved from https://remote-lib.ui.ac.id:6066/docview/1785300363/fulltextPDF/A1F950453AEB42C6PQ/18?accountid=17242

Pohan, I S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar, Pengertian dan Penerapan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

PUSDATIN,. (2017). Situasi Penyakit Ginjal Kronis. InfoDATIN.

Rahim, Regina F; Lampus, B.s; Siagian, I. E. . (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas Di Instalasi Hemodialisis Ruang Dahlia Blu RSUP PROF. DR. R. D. Kandou. Kedokteran Komunitas Dan Tropik, 2 No 2, 58–62.

Retnaningsih, Ekowati. 2013. Akses Layanan Kesehatan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Saputra, Lyndon; Linda Armelia; Andry Hartono. 2013. Buku Saku Harrison Nefrologi. Tangerang Selatan : Karisma Publishing.

Sinurat, Jeriko; Zulkarnain, A. K. (2014). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Bangsal Hemodialisis RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Majalah Farmaseutik, 10(1), 192–196.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Wijono, Djoko, (1999). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Teori Strategis dan Aplikasi. Airlangga University Press, Surabaya




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License