Pelatihan Manajemen Konten Berbasis E-Learning bagi Guru – Guru Pondok Pesantren Kelurahan Sasak Panjang, Kabupaten Bogor

Theresia Wati, Henki Bayu Seta

Abstract


Abstract. The learning process performed by teachers generally using the lecture method or deliver the learning materials orally. Communication is done in one way, and if there are learners who pay less attention to the lesson, they will be missed the lesson . One way to overcome this problem is to use information technology-based learning media (e-learning). The software used is LMS (Learning Management System) MOODLE based on Open Source and Ms. Office Applications Power Point for learning the content creation. The aim of the program is to improve the ability of teachers in mastering the information technology (ICT), to train the teachers to create teaching material content of ICT-based, and to allow teachers to update teaching materials in the future. The training was conducted using the method of learning by doing, where each participant can learn by direct practice. The activities done in the project were collecting data on teachers with a minimum requirement of the ability to run a computer properly, training on teaching materials based on office applications using Ms. Power Point, and training in the use of e-learning for teachers in Islamic boarding school of Taruna Insani. Training undertaken include the course setting and management. During the implementation of the training, participants will be given assistance or consultation for those who are having trouble.

Keywords: Information technology, e-learning, learning content

Abstrak. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan metode ceramah atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan, komunikasi dilakukan secara satu arah dan jika ada peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran, maka peserta didik akan ketinggalan. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (e-learning). Perangkat lunak yang digunakan adalah perangkat lunak LMS (Learning Management System) MOODLE yang berbasis Open Source dan Aplikasi Perkantoran Ms. Power Point untuk pembuatan konten pembelajaran. Tujuan dari program ini meningkatkan kemampuan guru dalam bidang penguasaan teknologi informatika (TIK), memberikan pelatihan bagi guru untuk membuat content bahan ajar berbasis TIK dan memudahkan guru untuk mengupdate bahan ajar di kemudian hari. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode learning by doing, dimana setiap peserta dapat belajar dengan cara langsung mempraktekkan. Kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan pendataan guru – guru dengan syarat minimal mampu mengoperasikan komputer dengan baik, melakukan pelatihan pembuatan kontent bahan ajar berbasis aplikasi perkantoran dengan menggunakan Ms. Power Point, dan melakukan pelatihan penggunaan e-learning untuk guru – guru di pondok pesantren Taruna Insani. Pelatihan yang dilakukan antara lain setting cource dan manajemen course. Selama pelaksanaan pelatihan, peserta akan diberikan pendampingan atau konsultasi bagi peserta yang mengalami kesulitan.

Kata Kunci : Teknologi informasi, E-learning, konten, pembelajaran


Keywords


Teknologi informasi, E-learning, konten, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agustina, Merry.2013. Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013, Yogyakarta, 15 Juni 2013

Ali, M, E-learning in Indonesian Education System. A paper presented at Seminar-Workshop on E-learning : The Seventh Programming Cycle of APEID Activities, 30 August-6 September 2004 in Tokyo and Kyoto, Japan

A. Merry, “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013, Yogyakarta, 15 Juni 2013, pp. G8-G12.

Bates, A. W. Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge, 1995

Brown, Mary Daniels. Education World: Technology in the Classroom: Virtual High Schools, Part 1, The Voices of Experience. http://www.education-world.com/a_tech/tech052.shtml ( 16 April 2016).

Harahap, Seprida Hanum. 2015. Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah( Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol.15, No.1, Maret 2015.

Koswara, E. Konsep Pendidikan Tinggi Berbasis E-learning : Peluang dan Tantangan. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB, 3-4 Mei 2005

Kosasi, Sandy. 2015.Perancangan E-learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2015). Sigaraia - Bali, 12 September 2015

Natakusumah, E.K. Multimedia sebagai sarana pembelajaran; Lokakarya Multimedia sebagai sarana pembelajaran metode learning based; DUE-Like TPB ITB, 13 Nopember 2002.

Natakusumah, E.K. Teknologi informasi pada pendidikan jarak jauh, Orasi Ilmiah pada Wisuda STMIK Bandung, 12 Januari 2002, Grand Aquila Hotel, Nusantara Ball Room, Bandung.

Newsletter of Open and Distance Learning Quality Council, October 2001. http://www.odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.html (16 September 2002)

Siahaan, S. 2004. E-learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/42/ sudirman.htm (3 November 2006)

Suharyanto dan Adele B. L. Mailangkay. 2016. Penerapan E-Learning sebagai alat bantu mengajar dalam dunia pendidikan. IKPIA Perbanas, Jakarta, Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya . ISSN 2337-6686 Volume 3 Nomor 4 Agustus - Desember 2016

Tiara.2015. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Untuk Siswa Kelas Xii Ips Semester Gasal Di Sma Negeri 4 Jember . Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Y. Mohammad, “E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi”, Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, Maret 2012, pp. 143-152

Zyainuri, M. Eko, “Penerapan E-Learning Moodle Untuk Pembelajaran Siswa yang Melaksanakan Prakerin”, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3, November 2012, pp. 410-426.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License