Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku UMKM Di Kota Bandung melalui Implementasi E-Commerce

Icih Sukarsih, Eti Kurniati, Gani Gunawan, Respita Wulan

Abstract


Abstrak. The existence of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) has an important function in the growth of the economics of Indonesia. The purpose of this research is to find out how to increase awareness and mastery of ecommerce technology so that MSMEs in the city of Bandung. The method used in this research is the quantitative-qualitative mixed approaches from Cresswell (2003). Qualitative approach is done from doing training programs to increase knowledge and awareness, while the qualitative approach will be done by accompanying the MSMEs during implementation.  The result of this research shows that the training programs are very effective at increasing the knowledge and awareness of MSMEs in taking advantage of e-commerce technologies as a online marketing media. After being given training, MSMEs knowledge and mastery of e-commerce technologies increase with an average rate of 76,4%. Through accompaniment, 70% of the subjects had succeeded at implementing e-commerce, by creating and managing online stores in shopee, although had not been completely successful in managing it. 

 

Abstrak. Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang sangat penting dalam  pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tujuan dari penulisan ini adalah bagaimana upaya peningkatan pengetahuan dan penguasaan teknologi  e-commerce para pelaku UMKM di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed approaches kuantitatif-kualitatif dari Cresswell (2003). Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, sedangkan pendekatan kualitatif dilakukan melalui kegiatan pendampingan untuk implementasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan sangat efektif dalam upaya meningkatkan pengetahuan peserta dalam pemanfaatan teknologo e-commerce sebagai media pemasaran online. Setelah diberikan pelatihan, pengetahuan dan penguasaan teknologi ecommerce para pelaku UMKM semakin meningkat, dengan rata-rata peningkatan mencapai 76,4%.  Melalui kegiatan pendampingan, 70% peserta telah berhasil mengimplementasikan ecommerce, yaitu dengan membangun dan mengelola toko online di marketplace shopee, akan tetapi dalam pengelolaannya masih belum optimal. 

 


Keywords


UMKM, E-Commerce, Perluasan Jangkauan Pasar.

References


Cresswell, John W. (2003). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitaf, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dinas KUKM dan Perindag Kota Bandung. (2015). Profil UMKM Kota Bandung .https://ppid.bandung.go.id.

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Nuryanti. (2013). Peran E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi, Volume 21, No.4.

Peraturan Daerah Kota Bandung No.3 Tahun 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kota Bandung Tahun 2013-2018.

Roosdhani, Mohamad Rifqy, dkk. (2012). Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Usaha Kecil Menengah Kabupaten Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis,Vol.9 No.2.

Wijaya, Ni Putu. (2015). Adopsi Teknologi Penggunaan E-Commerce pada UKM Kota Bandung Menggunakan Metode Utaut. Prosiding Seminar Nasional Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community 2015, Universitas Widyatama Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License