Workshop Media Alat Peraga Matematika “Luas Bangun Datar” untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstract. The purpose of this service is to increase the creativity of elementary school teachers and students through Learning Media in the form of a Mathematics Teaching Tool "Flat Flat Build" made of paper for elementary school teachers and students at SDN Kenari. The methods used in analyzing data are Socialization, practical training, mentoring and evaluation. The development of learning technology that is in line with technological advancements affects all aspects of human life including the learning process in elementary schools. Implementation of teaching aids in the learning process as part of learning technology must be carried out, especially for primary schools in the NKR-Timor Lest border area. The use of mathematics teaching aids on the broad material of flat shapes as aids in the learning process to understand basic concepts has experienced a lot of development, especially at the elementary school level. This service was carried out for two weeks. The results of the analysis showed that teachers and elementary school students at SDN Kenari were able to make wide visual aids from flat paper. This can be seen from the results of the workshop evaluation on the first day and the results of peer teaching, which is 90% of teachers are able to make a wide flat visual aid and based on the observation and evaluation of peers from three teachers who were randomly selected to do peer teaching, that the average the average practice score is 85 including the excellent category.
Keywords: Props, Flat Build, Elementary Teacher.
Abstrak. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru dan siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran berupa Alat Peraga Matematika “Luas bangun Datar” berbahan kertas bagi guru dan siswa Sekolah Dasar di SDN Kenari. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah Sosialisasi, pelatihan praktik, pendampingan dan Evaluasi. Perkembangan teknologi pembelajaran yang seiring dengan kemajuan teknologi mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia termasuk dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Implementasi Alat peraga dalam proses pembelajaran sebagai bagian dari teknologi pembelajaran harus dilakukan, terutama untuk-sekolah-sekolah dasar di daerah perbatasan NKR-Timor Lest. Penggunaan alat peraga matematika pada materi luas bangun bangun datar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran untuk memahami konsep-konsep dasar telah banyak mengalami perkembangan, terutama pada tingkat sekolah dasar. Kegiatan pengabdia ini dilakukan selama dua minggu. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru dan siswa sekolah dasar di SDN Kenari mampu membuat alat peraga luas bangun datar dari bahan kertas. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi workshop pada hari pertama dan hasil peer teaching, yaitu 90% guru mampu membuat alat peraga luas bangun datar dan berdasarkan hasil observasi dan evaluasi teman sejawat dari tiga orang guru yang dipilih secara acak untuk melakukan peer teaching, bahwa rata-rata nilai praktek adalah 85 termasuk kategori sangat baik.
Kata Kunci: Alat Peraga, Bangun Datar, Guru SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deda, Y.N. & Disnawati, H. 2019. Workshop Media Animasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Di Kelurahan Kefamenanu Tengah. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1):70-76.
Jannah, W.N., Lusiyana, D., Susilawati. 2018. IbM Alat Peraga Matematika SD Dari Pengolahan Sampah Karet Sandal Di Kecamatan Klangenan. WARTA LPM, Vol. 21, No. 1, Maret 2018: 15-23.
Karyati, F. 2016. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik Al–Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora Volume 1 Nomor 2, April 2016.
Mulyasni. 2016. Permainan Kartu Bilangan sebagai alat peraga untuk meningkatkan motivasi belajar matematika Siswa Kelas V SDN 010 Ujung Batu. Jurnal Primary, 5 (3), 361-367.
Setiahati, I.P., Lisnani, R dan Triayomi. 2018. Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran Matematika sederhana di SD Negeri 42 Palembang. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2 (2), 13-16.
Suandi. 2018. Peningkatkan Kemampuan Guru SD Dalam Menggunakan Alat Peraga Matematika Melalui Kegiatan Workshop. JIME, 4 (. 1), 87-98.
Yulianita, N., Hamdan, Y., Astuti, S.I. 2005. Pelatihan Menjadi Guru Efektif Berdasarkan Prinsip Seven Habits. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1): 66-84.
DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.5184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.