Pengembangan Kemampuan Diri melalui Test Minat Bakat Siswa-Siswi SMK
Abstract
Abstract. Education is one indicator to see the extent of the development and ability of students and students in developing the potential of participants to become reliable, creative, independent Human Resources in accordance with the vision and mission and goals of National Education and can be realized in building a Nation. The aim of this Community Service is to test the participants' abilities by adaptive, creative, innovative and productive and be able to compete in the face of interest and talent tests for Taman Fajar Students in East Aceh, in responding to future challenges according to the potential and talents of the students. participants especially for high school students and equivalents in order to choose the talent in what field the participant in continuing further education in choosing tertiary institutions and what majors will be recommended as many as 87 recommendations according to the test results of the participants of the Department in Higher Education will later come out the results of recommendations 3 options study programs that match the results of interest and aptitude tests of these students. The method used in this interest and aptitude test includes 9 Criteria intensively with the following stages: 1. Visual Reasoning Test 2. Numerical Reasoning Test 3. Verbal Analysis Test 4. Sequencing Reasoning Test 5. Spatial Reasoning Test 6. Three Dimensional Test 7 . Systematic Test 8. Vocabulary Test 9. Figural Test Number. The conclusion in this interest and aptitude test can be said that there is a fairly strong correlation (correlation coefficient) between the variable of interest and talent in developing one's ability through interest and aptitude tests to answer future challenges according to his potential. community service activities can be seen from the number of participants who participated very much who are interested can be said to be successful but seen from the results of the test of the participants namely the quality of development of self-efficacy through the learning test test that has been produced, it can be concluded that the objectives of this activity can be achieved and successful.
Keywords: Development, self-ability, test of interest, talent
Abstrak. Pendidikan merupakan salah satu indikator untuk melihat sejauh mana perkembangan dan kemampuan Siswa dan siswi dalam mengembangkan potensi peserta agar menjadi Sumber Daya Manusia(SDM) yang handal,kreatif,mandiri sesuai visi dan misi dan tujuan Pendidikan Nasional serta dapat terwujud dalam membangun suatu Bangsa. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk menguji kemampuan diri peserta dengan adaptif, kreatif, inovatif dan produktif serta mampu bersaing dalam menghadapi tes minat dan bakat bagi Siswa dan Siswi Taman Fajar di Aceh Timur, dalam menjawab tantangan masa depan sesui potensi dan bakat yang dimiliki oleh para perserta khusunya bagi siswa dan siswi SMU yang sederajat guna Memilih bakat dalam bidang apa peserta tersebut dalam melanjutkan Pendidikan lanjut dalam memilih Perguruan Tinggi serta jurusan apa nantinya yang akan direkomendasi sebanyak 87 rekomendasi sesuai hasil tes para peserta Jurusan di Perguruan Tinggi nantinya keluar hasil rekomendasi 3 Pilihan program study yang sesuai hasil tes minat dan bakat siswa dan siswi tersebut. Metode yang digunakan dalam test minat dan bakat ini meliputi 9 Kriteria secara intensif dengan tahapan sebagai berikut:1.Test Penalaran Visual 2.Test Penalaran Numerik 3.Test analisa Verbal 4.Test Penalaran Urutan 5.Test Penalaran Spasial 6.Test Tiga Dimensi 7.Test Sistematika 8.Test Kosa Kata 9.Test Figural Angka. Kesimpulan dalam tes minat dan bakat ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan (koefisien korelasi) yang cukup kuat antara variable minat dan bakat dalam pengembangan kemampuan diri melaui tes ninat dan bakat guna menjawab tantangan masa depan sesuai potensi pada dirinya. kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilihat dari jumlah peserta yang mengikutinya sangat banyak yang berminat dapat dikatakan berhasil namun dilihat dari hasil test para peserta yaitu kualitas pengembangan kemapuan diri melaui uji tes pembelajaran yang telah dihasilkan, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat tercapai dan berhasil.
Kata Kunci : Pengembangan, Kemampuan diri, tes minat, bakat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anik Ghufron, 1997. antisipasi Problema Penyiapan dan Peningkatan Guru Memecahkan Masalah Pembelajaran Dalam Konteks Era Global. Cakrawala Pendidikan Edisi Mei 1994. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Ace Suryadi dan Tilaar.1993. Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Depdikbud (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 1990. Jakarta.
------------- (1993). Kerangka Acuan Pemasyarakatan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Mulyani A.N.(1996) Peranan Fakultas Keguruan Dan Fakultas Ilmu Pendidikan Bagi Peningkatan Kualitas Profesional Guru Tenaga Kependidikan Lainnya. Makalah seminar temu alumni IKIP Yogyakarta. Mei 1996. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Nugraha, N., Nasution, A., & Amaranti, R. (2016). PENGEMBANGAN MODEL SERVICES QUALITY UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK INTERNAL DI PERGURUAN TINGGI. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 191-198.
Seminar Nasional”Merekonstruksi Profesi Guru Memasuki Era Global dan Otonomi” Semarang: UNESA
Silvana, H., & Wibisono, A. (2016). Penerapan Model Brain Based Learning dalam Pembelajaran di SMAN 10 Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 303-310.
Suyanto 2003. Sertfikasi Profesi Guru:Jaminan Pengakuan Sekaligus Ancaman.
Tilaar (1991) Manajemen Pendidikan Nasional. Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.