Pengedukasian Umkm Jegeg Bali Tailor melalui Transformasi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Tabanan-Bali

Kadek Adi Wibawa, Ni Made Devi Mayanti

Abstract


Abstract. The existence of the Covid-19 pandemic requires people to comply with health protocols established by the government, such as wearing masks, social distancing, traveling outside the house only when there is an interest, and diligently washing their hands properly and using soap. The Covid-19 pandemic has economic, social and political implications not only for big countries but almost all countries in the world. Indonesia is one of the countries affected especially on the economic side. Indonesia which is dominated by Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) needs to pay special attention to this sector because the contribution of UMKM to the National economy is quite large. The target of this community service is an UMKM that is engaged in the production of sewing women's kebaya and formal clothes. Based on the results of direct observations, there were problems faced by UMKM, namely the problem of lack of product promotion media and the absence of financial records at UMKM. Activities carried out include assisting the online promotion process by utilizing social media and e-commerce, creating logos and product packaging innovations, and making financial records for UMKM. In its implementation, activities are carried out online and offline. This community service activity is expected to help UMKM in the economic sector due to the impact caused by Covid-19.

Key Words: The impact of Covid-19, UMKM, online promotions, and product innovation

Abstrak. Adanya pandemi Covid-19 mewajibkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti memakai masker, menjaga jarak atau social distancing, bepergian keluar rumah hanya saat ada kepentingan, dan rajin mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun. Pandemi Covid-19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan politik tidak saja pada negara-negara besar akan tetapi hampir seluruh negara di dunia. Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak terutama pada sisi ekonomi. Indonesia yang didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memberikan perhatian khusus terhadap sektor ini karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian Nasional yang cukup besar. Sasaran pengabdian pada masyarakat ini merupakan sebuah UMKM yang bergerak dibidang produksi menjahit kebaya wanita dan pakaian formal. Berdasarkan hasil observasi yang  dilakukan secara langsung, ditemukan permasalahan yang dihadapi UMKM ini, yaitu masalah kurangnya media promosi produk dan tidak adanya catatan keuangan pada UMKM. Kegiatan yang dilakukan adalah membantu proses promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial dan e-commerce, pembuatan logo dan inovasi kemasan produk, serta pembuatan catatan keuangan untuk UMKM. Dalam pelaksanaannya kegiatan dilakukan secara online dan offline. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam bidang ekonomi akibat dampak yang disebabkan oleh Covid-19.

Kata kunci: Dampak Covid-19, UMKM, promosi online, dan inovasi produk


Keywords


Dampak Covid-19, UMKM, promosi online, dan inovasi produk

Full Text:

PDF

References


. Aarker, D. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Jakarta : Salemba Empat

. Anang, S., dkk. (2020). Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI (Diakses pada hari Senin, 31 Agustus 2020 pada link: https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf)

. Astuti, R.P., Kartono, & Rahmadi. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Teknologi Integrasi Permodalan. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 8(2), 248-256.

. Pakpahan, A.K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. Fakultas lmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan.

. Permana, S.D.H. & Cendana, M. (2019). Pemanfaatan Sosial Media sebagai Strategi Promosi bagi Sustainability Bisnis UMKM. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 7(2), 163-169.

. Sukarsih, I., dkk. (2019). Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku UMKM di Kota Bandung melalui Implentasi E-Commerce. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 7(2), 170-177.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v9i1.6714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License