Pelatihan Liquid Soap Education dalam Upaya Memerangi Covid-19 Menuju Pencegahan Big Cluster di Pondok Pesantren Madania Yogyakarta

Fella Sufah Baedowi, Ahmad Nur Rohim, Rinta Sofia Nurrahmah, Anik Suhartanti, Vina Nur Hidayah

Abstract


Abstract. The corona virus has increased and spread massively throughout the world, so it is called a pandemic. Indonesia is one of the areas that has been affected by this pandemic with the first case found on March 2, 2020. During the COVID-19 Pandemic, the Modern Islamic Boarding School, Madania as an orphanage that accommodates assisted occupants took step not to repatriate all occupants. Therefore, further steps need to be taken to overcome and prevent the spread of the corona virus pandemic in this Islamic boarding school. This study aims to determine the effect of empowerment and training on liquid soap education in the effort to fight against COVID-19. The research uses qualitative methods with data collected by sampling that use random samples through google form on the students of Madania Boarding School Yogyakarta. This training is done directly with keep obeying the health protocols. The result of this research is that with this training, the students of Madania Islamic Boarding School Yogyakarta can understand and practice independently to make liquid soap. Santri at Madania Islamic Boarding School Yogyakarta can improve their knowledge and skills in making liquid soap to prevent the Corona Virus from spreading in the Islamic boarding school environment.

Abstrak. Virus corona meningkat dengan penyebaran masif sebagai pandemi. Indonesia termasuk wilayah yang terjangkit dengan kasus pertama yang ditemukan pada  2 Maret 2020. Masa Pandemi COVID-19 Pondok Pesantren Modern Yatim Piatu Dhuafa Madania sebagai panti asuhan yang menampung warga binaan mengambil langkah tidak memulangkan seluruh warga binaan. Pemberdayaan dan pelatihan perlu dilakukan langkah untuk menanggulangi penyebaran pandemi corona di dalam internal pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberdayaan dan pelatihan soap liquid education dalam upaya memerangi COVID-19. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data secara sampling acak melalui google form pada santri Pondok Pesantren Madania Yogyakarta. Pelatihan ini dilakukan secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dari Hasil penelitian dengan adanya pelatihan ini, santri Pondok Pesantren Madania Yogyakarta dapat mengetahui dan mempraktikan secara mandiri pembuatan sabun cair. Santri dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan membuat sabun cair untuk mencegah Virus Corona menyebar di lingkungan Pondok Pesantren tersebut. 


Keywords


COVID-19, Liquid soap, Santri, Liquid Soap Education

Full Text:

PDF

References


Akim, M. 2013. Efektivitas Hand Sanitizer Dibanding Mencuci Tangan Memakai Sabun dalam Menjaga Kebersihan Tangan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2012. [In Skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. 2021. Survei Pesantren dan Ancaman COVID-19: Respon dan Kesiapan Masa New Normal, diakses di http://blajakarta.kemenag.go.id/ Pada Tanggal 14 April 2021.

Dewi, D. W, S Khotimah, dan D. F Liana. 2016. Pemanfaatan Infusa Lidah Buaya (Aloe vera L ) sebagai Antiseptik Pembersih Tangan terhadap Jumlah Koloni Kuman. Jurnal Cerebellum 2 (3) : 577–89.

Ibrahim, I, K Kamaluddin, M Mintasrihardi, A. M Junaidi, dan A Abd Gani. 2020. Bencana Virus Corona melalui Sosialisasi Pada Anak Usia Dini Pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3 (2) : 191–95.

Kemenkes RI. 2020. Dokumen resmi. [Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19].

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman COVID REV-4. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19), Revisi ke-4.

Kusumayanti, Heny, Vita Paramita, Wahyunimgsih, Rizka Amalia, Vynda Dindasari Siregar, dan Nurul Pudiastuningtyas. 2018. Pelatihan dan Praktik Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair di PKK Tembalang Pesona Asri. Jurnal Gema Teknologi 20 (1).

Lestari, C. I, C. E Pamungkas, S. M WD, dan B Masdariah. 2020. Penyuluhan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) untuk Mencegah Penyebaran Coronavirus (Cov) di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4 (1) : 370–73.

Makhroji, M, H Hasby, dan N Nursamsu. 2020. “No Title.” Jurnal ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 4 (2) : 29–38.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. 1 ed. Jakarta : Rineka Citra.

Novita Sekarwati. 2014. Tingkat Pengetahuan Tentang TB Paru Mempengaruhi Penggunaan Masker di Ruang Paru Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan 7 (12).

Prihantana, dkk. 2016. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberkolosis di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis 2, no. 1.

Sari, D. P, dan N Sholihah‘Atiqoh. 2020. Hubungan Antara Pengetahuan Masyarakat Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit COVID-19 di Ngronggah. INFOKES Journal 10, no. 1 : 52–55.

Sari, N. N, D Yuliana, R Hervidea, dan A Agata. 2020. Protokol Kesehatan COVID-19 : Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 di Area Kerja Pada Karyawan Perkantoran di Bandar Lampung. Jurnal Peduli Masyarakat 2, no. 4 : 173–80.

SNI, 2017. SNI 2588-2017. Standar Mutu Sabun Cair Pembersih Tangan. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional Jakarta, 2017.

Suprapto, R, M Hayati, S Nurbaity, F Anggraeni, S Haritsatama, T. Q Sadida, A Firoh, dan F. A Pratama. 2020. Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat 2, no. 2 : 139–45.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i2.8385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License