Pengaruh Inovasi Jasa dan Harga terhadap Nilai yang Dirasakan Pasien di Stroke Center RS Al-Islam Bandung
Abstract
Rumah sakit sebagai salah satu industri jasa harus dapat menghasilkan produk barang maupun jasa dengan kualitas yang baik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh inovasi jasa dan harga pada nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS Al Islam Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan survei. Waktu penelitian selama bulan November–Desember tahun 2015. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien Stroke Center RS Al-Islam Bandung. Jumlah sampel sebanyak 256 responden dan dikumpulkan dengan teknik accidental sampling. Alat pengambil data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan structural equation modelling (SEM) dengan LISREL versi 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif yang secara statistik bermakna (kategori kekuatan sedang) variabel inovasi jasa dan harga terhadap nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS Al-Islam Bandung secara parsial sebesar 20,25% (t hitung 2,20 dan 1,98 > tabel=1,98 dan α=0,05) dan secara simultan sebesar 44,3% (F=0,001<F tabel=0,005 dengan α=0,05). Walaupun demikian, masih ada faktor lain yang memengaruhi nilai yang dirasakan di Stroke Center RS Al-Islam Bandung dan tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 55,7%. Simpulan, kondisi inovasi jasa sangat inovatif, kondisi harga pada kategori murah, sedangkan kondisi nilai yang dirasakan pasien pada kategori baik. Inovasi jasa dan harga berpengaruh sedang dalam meningkatkan nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS Al-Islam.
THE EFFECT OF SERVICES INNOVATION AND PRICE TO THE COSTUMER PERCEIVED VALUE AT STROKE CENTER BANDUNG AL-ISLAM HOSPITAL
Hospital as one of service industry need to produce good services. The aim of this study was to describe the effects of service innovation and price on customer perceived value in Stroke Center of Al-Islam Hospital, Bandung. This was an analytical observational study using survey. Subjects were 256 patients in Stroke Center of Al-Islam Hospital, Bandung using accidental sampling method. Data were collected through questionnaires and interviews. Analysis used structural equation modeling (SEM) with LISREL version 8.80. The results of this study showed that service innovation and price had positive and significant influence (moderate effects) to customer perceived value in Stroke Center of Bandung Al-Islam Hospital. The partially influence was detected at 20,25% (t value 2,20 and 1,98 > t table=1,98 with α=0,05) and the simultaneous influence was 44.3% (F significance=0.001 <F table=0.005 with α=0.05). There were another influencing factors that affected customer perceived value in Stroke Center of Bandung Al-Islam Hospital by 55,7%. In conclusions, service innovation is very innovative, price condition is in cheap category and customer perceived value is in good categor. Services innovation and price have moderate effect to the customer perceived value at Stroke Center Bandung Al-Islam Hospital.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29313/gmhc.v3i1.1544
pISSN 2301-9123 | eISSN 2460-5441
Visitor since 19 October 2016:
Global Medical and Health Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.