Neonatal Care Education during Pregnancy Using Videos on the iPosyandu Application

Fedri Ruluwedrata Rinawan, Ilma Dina Arrahmah, Didah Didah, Nelly Dameria Sinaga, Ari Indra Susanti, Rima Kusumah Dewi, Atriany Nilam Sari

Abstract


Indonesia Demographic and Health Survey (IDHS) 2017 shows that the neonatal mortality rate (NMR) in Indonesia was 15 per 1,000 live births. A decrease in NMR to 12 per 1,000 live births can reduce the infant mortality rate (IMR). Purwakarta regency in 2019 ranked 14 out of 27 regencies and cities that contribute to the NMR in West Java. This research analyzes the knowledge of pregnant women about neonatal care before and after being given a combination of video animation and demonstration on the iPosyandu Parents application. The research method used was quantitative with one group pretest-posttest design, an interventional study without a control group. The sample size was 60 pregnant women in their third trimester. Samples that met the criteria were taken by purposive sampling technique and according to the midwife's instructions at the Pasawahan Public Health Center, Purwakarta regency. This research was conducted in May 2020. The knowledge data were collected using a questionnaire that was translated from previous studies. The questionnaire topic groups were adapted from the government's Maternal and Child Health book. The results showed differences in knowledge before and after being given health education using audiovisual media in 7 topic groups. They comprised general information on neonatal care, early breastfeeding initiation, breastfeeding, keeping babies warm, umbilical cord care, schedule of neonatal visits, and immunization. However, there was no difference in one topic group, namely the newborn danger critical signs.


EDUKASI SELAMA KEHAMILAN TENTANG PERAWATAN NEONATUS MENGGUNAKAN VIDEO PADA APLIKASI iPOSYANDU


Angka kematian neonatus (AKN) menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 di Indonesia adalah 15 per 1.000 lahir hidup. Penurunan AKN hingga 12 per 1.000 kelahiran hidup dapat menekan angka kematian bayi (AKB). Kabupaten Purwakarta pada tahun 2019 menempati urutan ke-14 dari 27 kabupaten dan kota penyumbang AKN di Jawa Barat. Tujuan penelitian ini menganalisis pengetahuan ibu hamil mengenai perawatan neonatus sebelum dan sesudah diberikan video kombinasi animasi dan demonstrasi pada aplikasi iPosyandu Orang Tua. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one grup pretest-posttest yang merupakan penelitian intervensional tanpa kelompok kontrol. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 60 ibu hamil trimester III. Sampel yang memenuhi kriteria diambil dengan teknik purposive sampling sesuai dengan arahan dari bidan Puskesmas Pasawahan Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2020. Pengumpulan data pengetahuan dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diterjemahkan dari penelitian sebelumnya. Kelompok topik kuesionernya disesuaikan dengan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dari pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual pada 7 kelompok topik. Topik tersebut terdiri atas informasi umum perawatan neonatus, inisiasi menyusui dini (IMD), pemberian ASI, menjaga bayi tetap hangat, perawatan tali pusat, jadwal kunjungan neonatal, dan imunisasi. Akan tetapi, kelompok mengenai tanda bahaya bayi baru lahir tidak terdapat perbedaan.


Keywords


Animasi; animation; combination; demonstration; kombinasi; neonates; neonatal; nursing; peragaan; perawatan

Full Text:

PDF

References


Purnanto NT, Purhadi, Nanda MS. Studi deskriptif tingkat pengetahuan ibu tentang posyandu di Desa Katekan UPT Puskesmas Brati Kabupaten Grobogan. TSCNers. 2017;2(2):8–13.

Busyaeri A, Udin T, Zaenudin A. Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida. 2016;3(1):116–37.

Notoadmodjo S. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan SADARI. Jurnal Care. 2018;6(2):162–74.

Nurdianti D, Kurniawati A. Pengetahuan ibu hamil mengenai perawatan masa nifas dan bayi baru lahir di wilayah kerja Puskesmas Kersanegara Kota Tasikmalaya tahun 2020. In: LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, editor. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat V; 2020; Purwokerto. Purwokerto: LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto; 2020. p. 322–5.

Feroz A, Perveen S, Aftab W. Role of mHealth applications for improving antenatal and postnatal care in low and middle income countries: a systematic review. BMC Health Serv Res. 2017;17(1):704.

Rinawan FR, Susanti AI, Amelia I, Ardisasmita MN, Widarti, Dewi RK, et al. Understanding mobile application development and implementation for monitoring posyandu data in Indonesia: a 3-year hybrid action study to build “a bridge” from the community to the national scale. BMC Public Health. 2021;21(1):1024.

Widarti, Rinawan FR, Susanti AI, Fitri HN. Perbedaan pengetahuan kader posyandu sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi iPosyandu. J Pengabdi Pengembangan Masy. 2018;1(2):143–50.

Susanti AI, Rinawan FR, Amelia I. Mothers knowledge and perception of toddler growth monitoring using iPosyandu application. GMHC. 2019;7(2):93–9.

Purwanti B. Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. J Kebijakan Pengembangan Pendidikan. 2015;3(1):42–7.

Bisallah CI, Rampal L, Lye MS, Sidik SM, Ibrahim N, Iliyasu Z, et al. Effectiveness of health education intervention in improving knowledge, attitude, and practices regarding tuberculosis among HIV patients in General Hospital Minna, Nigeria–a randomized control trial. PLoS One. 2018;13(2):e0192276.

Memon J, Holakouie-Naieni K, Majdzadeh R, Yekaninejad MS, Garmaroudi G, Raza O, et al. Knowledge, attitude, and practice among mothers about newborn care in Sindh, Pakistan. BMC Pregnancy Childbirth. 2019;19(1):329.

Majumder S, Najnin Z, Ahmed S, Bhuiyan SU. Knowledge and attitude of essential newborn care among postnatal mothers in Bangladesh. J Health Res. 2018;32(6):440–8.

Mandal M, Ghosh A. Evaluation of awareness of neonatal care practices among postnatal mothers in a tertiary care hospital. Clin Obstet Gynecol Reprod Med. 2016;2(5):1–5.

Pallant J. SPSS survival manual: a step by step guide to data analysis using SPSS program. 6th Edition. London: McGraw-Hill Education; 2016.

Field A. Discovering statistics using IBM SPSS statistics. 5th Edition. Thousand Oaks: SAGE Publications; 2018.

Afriyani LD, Salafas E. Efektivitas media promosi kesehatan ASI perah terhadap peningkatan pengetahuan ibu bekerja untuk memberikan ASI eksklusif. Siklus. 2019;8(1):60–6.

Zakaria F, Rono H, Kartini F. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang inisiasi menyusu dini. JKK. 2017;13(2):128–40.

Kusumaningrum PR, Elsera C. Upaya meningkatkan kemampuan ibu dalam perawatan neonatus. Motorik. 2018;13(27):143–50.

Triguno Y, Supahar, Purnami LA. Pengembangan media video untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang tumbuh kembang anak di wilayah kerja Puskesmas Jagoi Babang Kalimantan Barat. Midwinerslion. 2020;5(1):184–94.

Panjaitan AA, Widagdo L, Prabamurti PN. Intervensi ceramah video dan ceramah diskusi terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam kesehatan reproduksi. J Promosi Kesehat Indones. 2019;14(1):40–52.

Mulyani I, Fitriana NF. Pengaruh pemberian edukasi menggunakan audio visual (video) pada ibu terhadap pengetahuan penanganan tersedak balita. J Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu. 2020;8(2):87–93.

Syamsidar S, Maruf, Hustim R. Pembelajaran fisika berbasis cone of experience Edgar Dale pada materi elastisitas dan fluida statis. JPF. 2018;6(1):1–12.

Febriani CA, Nuryani DD, Elviyanti D. Efektifitas pemanfaatan media gambar bergerak dan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi seimbang pada balita. J Kesehat. 2019;10(2):181–6.

Widyawati SA, Afandi A, Wahyuni S. Peningkatan pengetahuan ibu hamil dan menyusui melalui pengembangan model dan media animasi pemberian ASI eksklusif pada bayi. J Ilmiah Permas. 2020;10(1):103–8.

Hapitria P, Padmawati R. Efektifitas pendidikan kesehatan melalui multimedia dan tatap muka terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang ASI dan menyusui. Care. 2017;5(2):156–67.

Sukmawati, Stang, Bustan N. Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang inisiasi menyusui dini (IMD) di wilayah kerja Puskesmas Parangloe Kabupaten Gowa. JKMM. 2018;1(1):7–13.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Buku kesehatan ibu dan anak. 2020 Prints [Internet]. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2020 [cited 2020 July 5]. Available from: https://kesga.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/BUKU%20KIA%20TAHUN%202020%20BAGIAN%20ANAK.pdf.

Hatniah, Sundari S. Tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang perawatan tali pusat di Puskesmas Srandankan Bantul Yogyakarta. JIK. 2019;5(2):172–81.

Metha JM. Gambaran perawatan tali pusat bayi baru lahir terhadap lamanya waktu pelepasan tali pusat di Pekanbaru. JPK. 2015;4(2):146–50.

Handayani S, Wulandari L. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu terhadap kunjungan neonatal. Babul Ilmi. 2019;11(1):35–43.

Rosela K, Taviane E, Alestari RO. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil dalam pencegahan terjadinya kelahiran bayi berat badan lahir rendah (BBLR) di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya. Dinamika Kesehatan. 2016;7(2):60–7.

Simanjuntak SM, Nurnisa I. Peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dengan pendekatan promosi kesehatan tentang imunisasi dasar. MKK. 2019;2(1):38–52.

Mulyani S, Shafira NNA, Haris A. Pengetahuan ibu tentang kelengkapan imunisasi dasar pada bayi. JMJ. 2018;6(1):45–55.

Nigatu SG, Worku AG, Dadi AF. Level of mother’s knowledge about neonatal danger signs and associated factors in North West of Ethiopia: a community based study. BMC Res Notes. 2015;8:309.

Atkitson RL, Atkitson RC, Hilgard ER. Pengantar psikologi. 8th Edition. Jakarta: Erlangga; 2011.

Lusiawati I. Pengembangan otak dan optimalisasi sumber daya manusia. TEDC. 2017;11(2):162–71.

Nurdin E, Ma’aruf A, Amir Z, Risnawati, Noviarni, Azmi MP. Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. JRPM. 2019;6(1):87–98.

Puspitasari L, Ishii K. Digital divides and mobile internet in Indonesia: impact of smartphones. Telemat Inform. 2016;33(2):472–83.




DOI: https://doi.org/10.29313/gmhc.v9i3.8430

pISSN 2301-9123 | eISSN 2460-5441


Visitor since 19 October 2016: 


Free counters!


Global Medical and Health Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.