MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN MAZE
Abstract
The purpose of this study was to improve visual-spatial intelligence by playing maze. This research is a classroom action research conducted with several cycles to see the changes. Data collection in this study used observation sheets. The results of this study showed that in the pre-cycle the number of children who had visual-spatial intelligence was only 2 people. In cycle 1 it increased to 5 people from 10 people. Then the results of cycle 2 get an increase in 9 out of 10 children increasing their visual-spatial intelligence. The results of this data analysis indicate that by playing maze children can solve problems, remember goals, learn to read maps, recognize the characteristics of an object and are able to coordinate eyes and hands, and improve fine motor skills.
Keywords: Intelligence; Play Maze; Spatial Visuals.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui bermain maze. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa siklus untuk melihat perubahannya. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada prasiklus jumlah anak yang memiliki kecerdasan visual spasial hanya 2 orang. Pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 5 orang dari 10 orang. Kemudian pada hasil siklus 2 mendapatkan peningkatan 9 dari 10 orang anak meningkat kecerdasan visual spasialnya. Hasil analisis data ini menunjukkan bahwa dengan bermain maze anak dapat memecahkan masalah, mengingat tujuan, belajar membaca peta, mengenali ciri dari sebuah objek dan mampu mengkoordinasikan mata dan tangan dan meningkatkan kemampuan motorik halusnya.
Kata Kunci: Kecerdasan; Bermain Maze; Visual Spasial.
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z., & Amarullah, A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasi. Andi.
Yaumi, M., & Nurdin, I. (2013). Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). Kencana.
Prasetyoningrom, W., Sutijan, & Shaifuddin, M. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Pada Tema Pekerjaan Melalui Media Puzzle Gambar (Penelitian Tindakan Kelompok Anak Kelompok B2 TK Pertiwi 02 Jenengan, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Universitas Sebelas Maret, 2(5), 1–7.
Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Kuswanto, A. V., & Suyadi, S. (2020). Sistematika Lieratur Review: Permainan Maze Dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 51–61. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6712
Mukhlisa, I. (2019). Penerapan Permainan Maze Untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak Kelompok A Taman Paud Doa Ibu. In Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makasar (Vol. 8, Issue 5). Universitas Muhammadiyah Makasar.
Rachmawati, Y. (2020). Hubungan antara Kegiatan Bermain Maze dengan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2), 74–82. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9731
Ramadani, I. R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Permainan Maze Pada Anak Kelompok A Di Ba Aisyiyah Kedungan Pedan Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. In Publikasi Ilmiah (Vol. 7). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosidah. L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281–290.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.10013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.