Analisis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak di Manggarai Berbasis Juknis Taman Pendidikan Anak Tahun 2015

Ani Alviani Sum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena meningkatnya jumlah lembaga Penitipan Anak di Kabupaten Manggarai. Penelitian dilakukan untuk melihat apakah taman penitipan anak telah melakukan kegiatan stimulasi sesuai dengan petunjuk teknis penyelenggaraan taman penitipan anak atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Ruteng, Kabupaten Manggarai pada bulan Mei-Juli 2022. Subjek penelitian adalah pengasuh dan pengelola taman penitipan anak dan objek penelitian: penyelenggaraan taman penitipan anak dari lembaga TPA yang ada. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 lembaga TPA yang ada di Ruteng- Manggarai namun hanya ada 1 lembaga yang telah memiliki izin operasional pelaksanaan TPA, yaitu lembaga TPA Santa Maria Berdukacita dan 1 TPA belum memiliki izin operasional. Dua lembaga yang diteliti, yakni TPA Santa Maria Berdukacita dan TPA Lambung Kudus, telah melaksanakan stimulasi dengan baik namun tidak memiliki dokumen administrasi yang lengkap.

Keywords


Juknis 2015; Taman Penitipan Anak.

Full Text:

PDF

References


Dini, J. (2022). Manajemen sarana dan prasarana taman penitipan anak di Lampung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://scholar.archive.org/work/6tsprnloqjhffaqs4xthn2tn4i/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/1207/pdf

Gede, S. S. I., & Wayan, S. I. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Taman Kanak-Kanak Berbasis Hindu. … : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.995

Hamer, W., Rachman, T. A., Lisdiana, A., Wardani, W., Karsiwan, K., & Purwasih, A. (2020). Potret Full Daycare sebagai Solusi Pengasuhan Anak bagi Orang Tua Perkerja. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 75. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1955

Kusumawati, D. (2017). Manajemen Sarana Prasarana Di Day Care Baby ’ S Home Salatiga Desi Kusumawati The Infrastructures Management In Baby ’ s Home Day Care Salatiga Day Care is one form of early childhood education in non formal education program that organize nurturing and s. 7, 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p17-25

Mentari, A. P., & Aslamawati, Y. (2020). Studi Deskriptif Pengasuhan Anak 0-2 Tahun di Tempat Penitipan Anak Kota Bandung. Prosiding Psikologi. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22395

Merukh, N., & S. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 30–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1

Nur’Alimah, Y., & Aslamawati, Y. (2020). Studi Deskriptif Pola Asuh Ibu dari Anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) Kota Bandung. Prosiding Psikologi. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24440

Pertiwi, D. R. (2019). Pendampingan pengembangan kemampuan story telling guru kelompok bermain dan taman penitipan anak aviciena. Kacanegara Jurnal Pengabdian …. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v2i2.456

Purnamasari, M. L. (2018). Tempat Penitipan Anak Usia Pra Sekolah di Pontianak. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v6i2.31490

Putriana, R. D., Purnaweni, H., Publik, J. A., Profesor, J., Soedarto, H., Hukum, S., Semarang, T., & Pos, K. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal di Kecamatan Tembalang. Journal Of Public Policy And Management Review, 5(4). https://doi.org/10.14710/jppmr.v5i4.13555

Rizkita, D. (2022). Pelayanan Pengasuhan Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Penitipan Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v16i2.1689

Satriyana, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Belajar dari Rumah di Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. repository.iainbengkulu.ac.id. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1633

Situmeang, R., Pohan, S., & Hadia Lubis, R. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah Taman Kanak Kanak Kalam Kudus Sibolga 2022/2023. Cemerlang, Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 180–190. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.533

Sudiapermana, E., & Nurwahidah, A. (2021). Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad–Diroyah Cibiru. Indonesian Journal of Adult and …. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijace.v3i2.43598

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Suparmiati, S., Latiana, L., & Kustiono, K. (2022). Pengembangan Layanan Taman Penitipan Anak Holistik Integratif Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3013–3023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2269

Supsiloani, S. S. (2015). Eksistensi taman penitipan anak dan manfaatnya bagi ibu rumah tangga yang bekerja (studi kasus di TPA Dharma Asih Kota Medan). JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i2.3117

Wahyuni, W., & Aryani, R. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 1036–1048. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.322

Yasin, Z., & Puspitasari, D. I. (2020). Pentingnya Tempat Penitipan Anak untuk Wanita Bekerja di Kalangan Ibu Dosen dan Karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan. Jurnal Abdiraja. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/adr.v3i2.756

Zahro, F. I. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Dalam Naskah Publikasi Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) Siliwangi, Bandung: Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (STKIP), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.11764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats