Peningkatan Ketaatan Siswa Sekolah Dasar dalam Berliterasi melalui Program “Kampus Mengajar”

Heru Pratikno

Abstract


Kekhasan yang dimiliki siswa sekolah dasar adalah mereka mudah terpengaruh oleh sesuatu yang baru sehingga keingintahuannya pun berlebihan akan hal tersebut. Dengan begitu, kadang siswa menjadi tidak disiplin saat pembelajaran di sekolah. Di samping itu, banyak juga di antara mereka yang masih lemah dalam literasinya. Hal itu terjadi akibat ketidakpatuhan mereka dalam proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, perlu ada pembimbingan yang benar untuk mereka agar semakin terarah keinginannya. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan program MBKM di sekolah dasar, yaitu “Kampus Mengajar” (KM). Jadi, tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui dampak program KM bagi siswa sekolah dasar dari sisi ketaatannya dalam proses pembelajaran. Selain itu, penulis ingin mengetahui peningkatan kemampuan siswa terutama dalam hal penguatan literasi. Metode penelitian yang cocok digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kualitatif karena termasuk studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter ketaatan siswa terhadap pembelajaran pun semakin meningkat. Buktinya adalah para siswa menjadi lebih antusias, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tugasnya, termasuk aktivitas literasi.


Keywords


Sikap Kepatuhan; Literasi; Kampus Mengajar.

Full Text:

PDF

References


Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Heru Pratikno. (2021). Persepsi Orang Tua terhadap Penentuan Sekolah Bilingual Jenjang PAUD dan SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(Persepsi, Sekolah, Covid), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7994

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Kemendikbud. (2019). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kurniawan, K., Putra, D. N., Zikri, A., & Mukhtar AH, N. (2020). Konsep Kepemimpinan dalam Islam. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2244

Maryam, S., Mauludi, M. A. Al, Martiadi, M. D., Baskoro, F., Miftahulfalah, A., & Munawar, C. M. (2020). Pembinaan Literasi dan Bahasa Santun melalui Tujuh Pilar Budaya Cianjur. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 13–19. https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3245

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Pratikno, H. (2020). Building Awareness of Religious Education in Families in The Digital Age. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dib Unisba, 9(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6287

Setyawati, N., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Pemahaman Bacaan Cerpen pada Kalangan Remaja Pengguna Media Sosial Aktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 417. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.40124




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.12039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats