Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eksplorasi

Ana Mariana, Irma Yuliantina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif analitik. Deskriptif analitik merupakan saah satu cara penilaian terhadap suatu data ditampilkan agar informasi yang ditampilkan dapat secara jelas diterima oleh orang lain. Setiap penelitian memiliki beberapa tahapan yang diperlukan harapannya penelitian lebih tertata dan meminimalisir kurangnya data baik dalam bentuk subjektif maupun objektif. Tahapan penelitian terdiri dari tiga tahap, antara lain tahapan persiapan, tahapan penelitian lapangan dan tahapan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, dari 25 anak aktif bereksplorasi dengan memanfaatkan benda yang ada di sekitarnya dalam rangka menumbuhkan rasa keingintahuannya tentang sesuatu atau baru diketahuinya, anak-anak mendapatkan pencapaian daya kreativitas terdiri atas: 83.33% memiliki daya keaslian, kelancaran dan elaborasi yaitu memiliki ide-ide baru untuk berkreasi , sesuai dengan pemikiran dan kemauannya sendiri dan Berkreativitas berdasarkan ide dan gagasannya sendiri dan 89.90 % anak dapat memecahkan masalah saat berkreativitas tanpa dibantu oleh guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan eksplorasi dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini.


Keywords


Creativity; Early Childhood; Exploration.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2011). Pelrkelmbangan Anak UsiaDini. Pelrkelmbangan Anak UsiaDini.

Anggarini, P., Manangkot, M., & Kamayani, M. (2022). Hubungan Kelcanduan Intelrnelt delngan Kelcelrdasan ELmosional pada Relmajla. JLurnal Ilmu Kelpelrawatan JLiwa, 5(2), 381–394. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Hasan, & Maimunah. (2013). Pelndidikan Anak Usia Dini. Diva Prelss.

Kristanto, V. (2018). Meltodologi Pelnellitian Peldoman Pelnulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). CV Budi Utama.

Lelstari, Oktavia, M., & Halim, A. (2022). Pelnggunaan Meldia Loosel Part Dalam Melngelmbangkan Krelativitas Anak Usia Dini. JLurnal Celndelkiawan Ilmiah Pelndidikan Luar Selkolah, 7(2), 145–153. https://doi.org/10.37058/jlpls.v7i2.5352

Masnipal. (2013). Siap Melnjladi Guru Dan Pelngellola PAUD Proflelsional. PT ELlelx Meldia Komputindo Kellompok Grameldia.

Molelong, L. (2007). Meltodologi Pelnellitian Kualitatifl. PT. Relmajla Rosdakarya.

Shahib, & Nurhalim. (2010). Pelmbinaan Krelativitas Anak Guna Melmbangun Kompeltelnsi. PT.Alumni.

Sudarma, & Momon. (2013). Melngelmbangkan Keltelrampilan Belrpikir Krelatifl. PT. Rajla Graflindo Pelrsada.

Sugiyono. (2010). Meltodel Pelnellitian Pelndidikan: Pelndelkatan Kuantitatifl, Kualitatifl, dan R&D. Bandung: Alflabelta.Munandar, Utami. 2009. Pelngelmbangan Krelativitas Anak belrbakat. PT. Rinelka Cipta.

Susanto, W. H. ., Rachman, N., Situmelang, L., Suriyani, Panjlaitan, N., Nuliana, W. ., Yunikel, Melgasari, A., Agustin, W., Solelhudin, Sulistyani, Kusumawaty, I., & Sahelrna, JL. (2022). Komunikasi dalam kelpelrawatan (1st eld.). PT. Global elkselkutifl telknologi.

Ubaidillah, & Khasan. (2018). Pelmbellajlaran Selntra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Melngelmbangkan Krelativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. JLurnal Pelndidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.14421/al-athflal.2018.42-04

Yelni, R. (2010). Stratelgi Pelngelmbagan Krelativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Kelncana.

Yusufl, A. (2014). Kuantitatifl, Kualitatifl, & Pelnellitian Gabungan. Kelncana.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i2.12576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats